6 Cara Menjaga Kesehatan Usus

Kita tentu ingin menjaga seluruh anggota tubuh dan organ-organ yang menyusun tubuh. Tak terkecuali usus, sebagai organ yang memiliki peranan penting bagi pencernaan, usus harus senantiasa dijaga kesehatannya setiap hari. Ada berbagai macam keluhan yang disebabkan oleh usus yang tidak sehat, antara lain konstipasi, diare, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana agar usus kita selalu sehat? Ikuti tips-tips berikut ini:

1. Minum Banyak Air Putih

Penuhi kebutuhan air putih dengan banyak mengonsumsi air yang tak mengandung cafein. Air putih, jus, sari buah, dan buah-buahan yang kaya kandungan air dapat menjadi alternatif untuk mencukupi kebutuhan air dan menyehatkan usus.

2. Perbanyak Konsumsi Serat

Serat sangat diperlukan untuk kesehatan pencernaan. Kurang serat dapat membuat pencernaan terganggu sehingga menyebabkan sembelit. Lebih ekstrim lagi kekurangan serat dapat menimbulkan penyakit serius seperti kanker usus. Maka dari itu, perbanyak makan makanan yang mengandung serat supaya Anda terhindar dari penyakit usus.

3. Konsumsi Probiotik

Mengonsumsi probiotil seperti yang terkandung dalam yoghurt bisa melancarkan pencernaan Anda. Perbanyak makan makanan yang mengandung perobiotik akan menjauhkan Anda dari susah buang air besar serta wasir.

4. Kurangi Gula

Gula dapat menaikkan asam dalam usus sehingga memperberat kerja empedu. Selain itu, gula juga dapat menambah jumlah bakteri jahat dalam usus sehingga tidak baik untuk usus Anda. Kurangi makanan yang mengandung gula supaya usus Anda aman dari bakteri jahat.

5. Rajin Berolahraga

Berolahraga dapat menstabilkan metabolisme dalam tubuh sehingga mempengaruhi kesehatan organ termasuk usus. Berolahraga juga dapat meningkatkan mood dan mengurangi stress berlebih.

6. Kurangi Stress

Stress juga berdampak pada kesehatan pencernaan lho! Stress dapat membuat usus meradang sehingga membuat saraf yang mengontrol Jadi kurangilah stress supaya organ-organ pencernaan Anda tetap sehat dan bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Demikian cara-cara untuk menjaga kesehatan usus. Tetap jaga pola hidup sehat supaya pencernaan dan usus Anda terjaga kesehatannya.

Leave a Comment