6 Manfaat Rumput Laut yang Perlu Diketahui

Rumput laut adalah tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Di Indonesia, olahan rumput laut sudah mulai dikembangkan seperti sebaai campuran es, keripik,  dodol, dan lainnya. Makanan yang berasal dari laut ini memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Oleh karena itu, rumput laut dapat dijadikan asupan makanan bergizi seitiap hari untuk kesehatan tubuh Anda.

Dari hasil penelitian, rumput laut memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, yakni serat kasar 3%, protein 5.4%, lemak 8.6%, abu 22.25%, air 27.8% dan karbohidrat 33.3%. Tak hanya itu rumput laut juga mempunyai kandungan vitamin (A,B,C,D, E dan K) dan mineral seperti nitrogen, oksigen, kalsium, selenium zat besi, magnesium dan natrium. Kemudian, terdapat pula kandungan enzim, klorofil, kalsium, antioksidan, asam nukleat dan asam amino.

Manfaat rumput laut antara lain:

1. Menurunkan Berat Badan

Rumput laut dikenal kaya akan serat alami yang baik untuk diet. Mengonsumsi rumput laut dapat mencukupi asupan serat sehingga dapat membuat kita kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan.

2. Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C serta antioksidan dalam rumput laut dapat menangkal radikal bebas dan menghalau kanker.

3. Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium dalam rumput laut dapat mencegah tubuh kekurangan asupan kalsium yang dapat mengakibatkan terjadinya osteoporosis.

4. Detoksifikasi Alami Racun dalam Tubuh

Gaya hidup yang tidak sehat serta paparan polusi dapat membuat seseorang mengalami penumpukan racun dalam tubuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi rumput laut yang mengandung antioksidan dan klorofil yang dapat mendetoksifikasi racun-racun yang ada dalam tubuh.

5. Mencegah Hipertensi

Penggunaan garam dalam makanan dapat digantikan dengan menambahkan butiran-butiran ekstrak rumput laut. Dengan demikian, rumput laut dapat menurunkan resiko hipertensi.

6. Mengatur Kelenjar Tiroid

Salah satu kandungan rumput laut adalah iodium yang dapat megatur kinerja kelenjar tiroid dengan baik. Mengonsumsi rumput laut dapat menyehatkan tubuh karena iodium yang terkandung didalamnya dapat mensintesis hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar tiroid guna melancarkan metabolisme dalam tubuh. Inilah alasan kini orang-orang mulai mengonsumsi rumput laut untuk menggantikan fungsi garam pada asupan yang mereka makan.

Leave a Comment