6 Olahraga yang Baik untuk Ibu Hamil

Sungguh beruntung muslimah yang dapat merasakan kehamilan. Seorang ibu atau calon ibu yang mengetahui dirinya hamil, sepatutnya bergembira seperti yang diperintahkan Allah SWT kepada Ibrahim:

“Sesungguhnya kami memberi kabar gembira kepadamu dengan (kelahiran seorang) anak laki-laki (yang akan menjadi) orang yang alim (yakni Ishaq)” (QS. Al Hijr: 53)

Oleh karena itu, ibu hamil hendaknya bersyukur dengan cara merawat kehamilannya dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara menjaga kehamilan adalah dengan melakukan olahraga. Apa saja olahraga yang baik untuk kesehatan ibu hamil? Cari tahu pada penjelasan tentang 6 jenis olahraga yang baik bagi ibu hamil berikut ini:

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki di pagi hari dapat memberikan latihan pada selutuh anggota tubuh tanpa membebani sendi dan otot. Berjalan kaki juga relatif aman bagi ibu hamil. Selain itu, udara segar di pagi hari juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

2. Berenang

Berenang dapat melatih otot dan relatif aman karena sendi-sendi terasa lebih ringan. Titik berat ibu hamil juga tidak terlalu terasa walaupun mengalami perubahan.

3. Angkat Beban

Dengan menggunakan alat bantu seperti dumble, Anda dapat melatih otot-otot supaya tidak kaku. Selalu awali dan akiri latihan angkat beban degan peregangan. Jangan terlalu memaksakan diri dengan mengangkat beban yang berlebihan.

4. Sepeda Statis

Bersepeda dapat melatih otot kaki supaya lebih kuat. Pilih sepeda statis supaya meminimalisir resiko terjatuh. Annda bisa melakukannya dalam ruangan, sambil mendengarkan murattal atau membaca buku.

5. Aerobik

Aerobik tetap aman bagi ibu hamil, asal gerakannya lebih disederhanakan dan dibatasi. Sebaiknya Anda melakukannya dengan didampingi seorang instruktur.

6. Senam Ibu Hamil

Senam ibu hamil memiliki gerakan-gerakan khusus yang dapat melatih otot supaya lebih sehat selama hamil dan memperlancar persalinan. Ikutilah klub senam ibu hamil untuk mengetahui lebih lanjut tentang senam ibu hamil.
Itulah olahraga yang baik untuk ibu hamil. Anda juga dapat melatih otot dengan rajin shalat sunnah, dimana gerakan shalat diyakini memiliki manfaat yang besar bagi kesehata sekaligus mendekatkan diri pada Allah SWT selama hamil. Dengan begitu, sang Ibu dapat mempersiapkan kelahiran putra-putrinya dengan sebaik-baiknya, baik secara fisik maupun spiritual. Semoga Anda melahirkan anak yang shalih dan sehat.

Leave a Comment