7 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Jahe adalah tanaman rimpang yang lazimnya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan dibuat minuman. Bentuknya beruas-ruas dengan warna cokelat muda dan yang khas adalah rasanya yang pedas. Ras pedas ini muncul karena adanya senyawa kimia bernama zingiron.

Jahe memiliki beragam khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Saat musim hujan seperti ini, jahe dapat dibuat minuman untuk menghangatkan badan. Mengonsumsi wedang jahe efektif utuk mengusir masuk angin serta mencegah demam dan batuk.

Selain itu, jahe masih memiliki manfaat-manfaat lainnya seperti dilansir dari ayokesehatan.blogspot.com yang akan dikupas dalam tulisan di bawah ini.

  1. Mengobati Perut Kembung

Rasa tidak nyaman di perut membuat aktivitas terganggu. Minumlah segelas jahe hangat untuk mengatasi kembung pada perut anda. Selain itu, jahe dapat meringankan masalah pencernaan dan iritasi usus.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Jahe mengandung zat khusus bernama gingerol. Zat ini memiliki sifat anti koagulan, yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan pada darah dan mencegah pembuluh darah tersumbat. Ini berarti jahe dapat mencegah penyakit yang lebih serius seperti jantung dan stroke.

  1. Mengobati Sakit Gigi

Ternyata jahe juga dapat mengobati sakit gigi. Antibiotik yang terkandung dalam jahe bisa menyembuhkan sakit gigi. Minumlah air rebusan jahe, gunakan juga air jahe untuk kumur-kumur.

  1. Mengobati Jerawat

Jahe dapat mencegah timbulnya jerawat. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Maryland Medical Center, disarankan untuk mengonsumsi jahe dengan takaran maksimal 4 gram sehari. Tidak dianjurkan berlebihan mengonsumsinya, karena dapat menimbulkan efek samping seperti diare, iritasi dan mulas.

  1. Untuk Detoksifikasi Racun dalam Tubuh

Mengonsumsi jahe scara teratur dapat menyebabkan keluarnya keringat. Nah, dalam keringat itulah racun dalam tubuh dibuang. Jahe juga dapat menangkal radikal bebas yang merugikan kesehatan.

  1. Menurunkan kolesterol

Seperti yang telah disinggung di atas, jahe mengandung gingerol yang berfungsi sebagai antikoagulan. Zat ini dapat membersihkan kolesterol jahat dari dalam darah, ehingga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  1. Mengobati Mabuk Perjalanan

Apabila Anda memiliki keluhan mabuk perjalanan, sebaiknya Anda menyediakan minuman jahe. Minuman ini berfungsi sebagai pereda rasa mual dan ampuh untuk mengatasi jetlag.

Nah, Anda sudah tahu bukan apa saja manfaat jahe bagi kesehatan tubuh Anda? Sediakan selalu rimpang jahe di rumah untuk konsumsi sehari-hari. Selamat mencoba.

Leave a Comment