Rumah Bersih, Awal Kenyamanan Keluarga

Rumahku, surgaku. Demikian ungkapan yang sering kita dengar. Mewujudkan rumah yang nyaman dihuni dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menjaga ketenangan rumah, menjaga suasana kondusif antaranggota keluarga, sampai hal sederhana seperti menjaga kebersihan rumah.

Kebersihan memegang peranan penting bagi sebuah rumah. Jika rumah kotor dan berantakan, maka akan mengurangi tingkat kenyamanan penghuninya. Tentunya kita tidak akan betah berlama-lama di rumah yang kotor, berdebu, dan pengap. Oleh karena itu penting kiranya bagi anggota keluarga memperhatikan kebersihan rumah. Meskipun ada asisten rumah tangga di rumah kita, tidak berarti kita membiarkan rumah kita kotor tanpa ada rasa peduli.

Berikut ini ada cara praktis menjaga kebersihan rumah agar keluarga Anda merasa nyaman dan betah tinggal di rumah.

Menyapu Rumah Secara Rutin

Usahakan untuk menyapu lantai rumah secara rutin pagi dan sore hari. Untuk rumah yang berurukuran kecil, hal ini mudah saja dilakukan. Namun untuk rumah yang besar, Anda dapat menyapu rumah secara keseluruhan sekali sehari. Kemudian sapulah sekali lagi pada bagian-bagian rumah yang sering dipijak.

Rajin Mengepel

Agar lantai rumah selalu kinclong, luangkan waktu untu mengepel seluruh rumah minimal dua akli seminggu. Jika ada anak kecil di rumah, tingkatkan fekuensi mengepel rumah Anda, terutama pada bagian-bagian yang lekas kotor.

Siapkan Tempat Sampah

Tempatkan tempat sampah di berbagai sudut rumah, agar kita bisa membuang sampah dengan mudah. Pilih tempat sampah dengan ukuran kecil dan model yang cantik, agar keindahan rumah Anda terjaga.

Tempatkan Tanaman di dalam Rumah

Merawat tanaman di dalam rumah kini lebih praktis dengan memakai sistem hidroponik. Tanaman hidup dapat menjadi penyuplai oksigen bagi rumah Anda, sehingga udara di dalam rumah tetap segar dan bersih. Pilih tanaman yang cocok ditempatkan di dalam rumah.

Sirkulasi Udara yang Baik

Rumah dengan sirkulasi udara yang baik dapat menjadikan rumah semakin nyaman. Bukalah jendela pada pagi hari agar terjadi pertukaran udara.

Jaga Kebersihan Kamar Mandi dan Dapur

Kamar mandi dan dapur adalah tempat yang rawan kotor. Jangan biarkan kamar mandi dan dapur anda terkesan jorok. Bersihkan kamar mandi secara teratur. Begitu juga dengan dapur. Usahakan agar dapur selalu bersih, karena di sinilah tempat mengolah makanan yang akan dikonsumsi oleh seluruh keluarga. Jaga kesehatan seluruh anggota keluarga mulai dari menjaga kebersihan kedua tempat ini.

Kebersihan rumah bukan hanya tanggung jawab ibu dan asisten rumah tangga. Kesadaran untuk menjaga kebersihan rumah harus dimiliki seluruh anggota keluarga agar tercipta suasana nyaman dalam rumah kita.

Leave a Comment