Agar Anak Lahap Membaca Buku

Anak gemar mambaca buku adalah impian seiap orangtua. Orangtua pasti senang melihat anaknya asyik melahap tulisan dalam buku. Selain menambah wawasan Si Anak, membaca buku merupakan aktivitas positif daripada anak terus menerus menonton televisi atau main video games.

Namun, kebiasaan membaca buku ini tidak bisa datang begitu saja pada anak-anak. Ada tahapan agar anak lahap membaca buku. Dorongan orang tua adalah kunci utama agar anak suka membaca buku. Berikut ini ada kiat praktis agar anak lahap membaca buku.

Jangan Memaksa Anak

Mendorong anak-anak untuk membaca bukan berarti kita boleh memaksa Anak untuk membaca. Bebaskan saja mereka membaca sesuka hati mereka. Salah satu cara mendorong anak membaca adalah dengan menyediakan bacaan yang beragam dan menarik minat anak. Dengan sendirinya, anak akan penasaran dengan bacaan-bacaan tersebut dan mau membacanya tanpa harus dipaksa.

Jangan memaksakan anak harus membaca satu buku. Jika anak cenderung pada satu buku, biarkan dia membacanya berulang-ulang sampai bosan. Jika sudah bosan, pasti dia akan beralih ke bacaan yang lain. Hal ini membuat minat baca anak menjadi lebih tinggi karena tidak ada tekanan dari orang lain. Anak akan merasa nyaman denga aktivitas membacanya.

Penuhi Rumah dengan Buku

Sediakan buku di rumah Anda. Simpan buku di rak yang diletakkan di tempat yang mudah dijangkau anak seperti ruang keluarga. Sediakan pula bacaan di ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, teras depan dan belakang rumah. Dengan menyebar buku di seluruh rumah, maka anaka akan menjadi familiar dengan buku. Secara otomatis pula mereka akan mulai membacanya satu per satu.

Ajak Anak ke Toko Buku

Mengajak anak berjalan-jalan ke toko buku adalah cara terbaik untuk membuat anak keranjingan membaca. Di toko buku, anak akan melihat beragam buku menarik sehingga merangsang minat anak pada buku-buku. Biarkan anak ikut memilih bacaan yang mereka sukai. Belikan buku secara rutin 1-4 kali sebulan agar anak senang memiliki banyak bacaan. Alokasikan anggaran untuk membeli mainan mahal untuk membeli buku saja.

Berikan Contoh Nyata

Cara termudah untuk membuat anak suka membaca adalah dengan memberikan contoh kepada mereka bagaimana asyiknya membaca. Jika orangtuanya tidak suka membaca, jangan berharap anak lahap membaca. Berikan contoh nyata pada anak agar anak meniru apa yang orangtuanya kerjakan.

Demikian kiat agar anak lahap membaca, semoga bermanfaat. Jadikan buku sebagai teman duduk Anda dan keluarga, termasuk anak-anak kita.

Leave a Comment