Bahaya Kurang Tidur

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang tidak dapat ditawar-tawar. Tubuh membutuhkan isirahat, salah satunya adalah dengan tidur. Namun, ada saja orang yang abai terhadap kebutuhan tidur ini, entah karena pekerjaan atau alasan lain yang membuat mereka harus begadang.

Padahal, kurang tidur dapat membahayakan kesehatan tubuh manusia. Apa saja bahaya kurang tidur ini? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Membahayakan Saat Berkendara

Penurunan kualitas tidur di malam hari dapat menyebabkan pikiran kurang fokus pada keesokan harinya. Hal ini dapat menyebabkan resiko kecelakaan saat mengendarai kendaraan bermotor seperti mobil atau sepeda motor. Meski terpaksa hanya bisa sedikit tidur, usahakan memiliki kualtas tidur yang baik.

2. Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Kurang tidur dapat menyebabkan imunitas tubuh menurun. Akibatnya, tubuh menjadi rentan terhadap virus ringan seperti flu dan batuk. Meski Anda sudah menerapkan pola makan yang baik serta olahraga teratur, namun jika tak dibarengi dengan pola tidur yang baik maka akan membuat daya tahan tubuh Anda cepat drop.

3. Memicu Jantung Koroner

Kurang tidur dapat memicu serangan jantung koroner. Hal ini karena jantung kurang beristirahat dan bekerja terlalu keras saat Anda begadang sehingga dapat memicu datangnya serangan jantung koroner.

4. Meningkatkan Resiko Diabetes

Penelitian menunjukkan kurang tidur dapat menyebabkan resistansi insulin. Tubuh tidak dapat menggunakan horomon insulin dengan baik, akibatnya resiko terkena diabetes semakin tinggi.

5. Mengakibatkan Obesitas

Kurang tidur di malam hari akan menyebabkan Anda terserang rasa lapar dan akhirnya ‘ngemil’ di malam hari. Inilah yang akan mengakibatkan berat badan bertambah secara drastis.

Itulah bahaya kurang tidur. Tinggalkanlah begadang jika tak ada yang perlu dikerjakan. Usahakan Anda tidur lebih awal agar dapat bangun lebih pagi. Tidur sebentar saat malam hari boleh saja dilakukan, namun harus diiringi dengan peningkatan kualitas tidur yang baik.

Leave a Comment