Khasiat Daun Sambung Nyawa

Sambung Nyawa. Dilihat dari namanya cukup menimbulkan tanda tanya, apakah manfaatnya memang sehebat itu? Belum ada yang bisa memastikan dari mana asal nama sambung nyawa itu berasal. Tanaman ini memiliki nama latin Gynura procumbens back. Sejak dulu, daun dari tanaman ini memang telah digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat dari tanaman ini bahkan sudah dapat ditemukan dalam kemasan, berkat perusahaan nasional yang mengemasnya sehingga lebih mudah dikonsumsi. Namun, Anda harus waspada juga dengan kandungan bahan kimia yang disisipkan dalam suplemen tersebut.

Daun sambung nyawa ini dapat langsung dikonsumsi sebagai lalapan. Khasiat dari daun sambung nyawa adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan Tekanan Darah/Hipertensi

Jika Anda menderita hipertensi, Anda dapat mengonsumsi daun sambung nyawa sebagai lalapan, dibuat jus atau dikukus. Namun, jika diolah dengan dikukus, jangan terlalu lama karena akan mengiangkan zat berkhasiatnya. Zat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah adalah flavonoid.

2. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi daun sambung nyawa juga dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Cara mengonsumsinya sama dengan untuk obat hipertensi.

3. Mengobati Maag

Untuk mengatasi maag dengan segera, makanlah daun sambung nyawa yang sudah dicuci bersih sebagai lalapan. Maka gejala maag Anda akan segera sirna.

4. Obat Digigit Serangga

Jika Anda digigit serangga atau lebah, segera tumbuk beberapa lembar daun sambung nyawa. Oleskan ke bagian yang digigit serangga. Niscaya rasa sakitnya akan segera hilang dan bengkaknya berkurang.

Nah, setelah Anda mengetahui khasiat daun sambung nyawa ini, ada baiknya Anda mulai menanam tumbuhan herbal ini di pekarangan rumah Anda untuk pengobatan sehari-hari. Selamat mencoba!

Leave a Comment