Beberapa Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Traveling

Long weekend sudah didepan mata. Sudah ada rencana kemana saja?

Menghabiskan waktu dengan traveling bersama keluarga atau sahabat bisa menjadi salah satu cara untuk mengisi liburan. Apalagi Indonesia adalah surganya traveler. Ada begitu banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Mulai dari yang bertemakan alam hingga sejarah. Semuanya ada, lengkap disini.

Bagi kamu yang hobi mengisi liburan dengan traveling ke berbagai tempat, ada baiknya sejak jauh-jauh hari mempersiapkan apa-apa yang sekiranya dibutuhkan. Apa sajakah itu?

Kesehatan

Banyak orang yang justru sakit pasca pulang dari liburan. Sakit yang umum diderita biasanya pegal-pegal, sakit di semua persendian ditambah sakit kepala yang menyerang. Hal ini biasanya dikarenakan kurangnya aktifitas fisik dalam kegiatan sehari-hari. Sebab itu, bila kamu termasuk orang yang hobi traveling, ada baiknya memperbanyak aktifitas fisik dalam kegiatan sehari-hari.

Fiqh Sholat

Adakah hubungannya? Tentu saja ada. Pada saat traveling apalagi ke luar kota atau luar pulau pasti kita selalu berurusan dengan yang namanya menjamak sholat. Selama ini banyak yang merasa sah-sah saja menjamak sholat kapan pun, dimana pun dan dengan cara apapun. Padahal dulu, para ulama tidak sembarangan dalam merumuskan syarat agar mendapat ‘diskon’ ketika harus sholat di perjalanan.

Tidak Selamanya Minyak itu Menyehatkan

Selama ini banyak masyarakat yang beranggapan bahwa cara menghilangkan mual dan pusing akibat mabok perjalanan adalah dengan mengoleskan minyak di beberapa bagian tubuh. Padahal hal ini tergantung kepada masing-masing orang. Ada yang bisa sembuh dengan mengoleskan minyak, tapi ada juga yang justru semakin pusing begitu membau minyak.

Belajar Cara Packing yang Efektif

Ada beberapa orang yang terlihat simple saat berpergian. Padahal sebenarnya barang bawannya tidak kalah banyak dengan teman-teman yang lainnya. Namun ada juga yang sebenarnya hanya membawa sedikit barang tapi ribet seperti orang pindahan. Nah, bagi yang suka traveling ada baiknya mulai belajar bagaimana cara packing barang dengan simple. Misalnya bawa baju yang kira-kira tidak perlu dibawa pulang lagi. Jadi pada saat pulang traveling, beban yang dibawa menjadi lebih ringan. Sedangkan untuk cara packingnya, letakkan barang yang tidak akan segera dipakai di bagian bawah ransel. Letakkan barang-barang ‘darurat’ di tempat yang mudah dijangkau.

Cek Kondisi Tempat Tujuan

Sebagai muslim yang senantiasa menjaga setiap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, ada baiknya untuk selalu mencari tahu terlebih dahulu makanan apa yang banyak dikonsumsi masyarakat sekitar. Lalu bagaimana tingkat kehalalannya. Bila dirasa sulit untuk mencari makanan yang halal, lebih baik membawa bekal makanan instan dari rumah. Selain jenis makanan, perlu juga untuk tahu tempat penginapan yang recommended di sekitar lokasi tujuan. Sehingga begitu sampai di lokasi, tidak kebingungan untuk mencari penginapan yang terjangkau, nyaman, dan lebih utama lagi aman.

Selamat berlibur…

Leave a Comment