Cara Mudah Merawat Gigi Berlubang

Sakit gigi sungguh tidak megenakkan. Mau makan susah, mau bicara juga susah. Sakit gigi bahkan bisa membuat kepala pening. Gigi sakit karena berlubang membutuhkan perawatan khusus agar rasa nyeri dapat berkurang. Apalagi yang memiliki aktivitas yang padat. Anda membutuhkan cara mudah merawat gigi berlubang berikut ini.

Menggosok Gigi dengan Pasta Berfluoride

Menggosok gigi merupakan kebutuhan dasar manusia yang tidak ingin mengalami masalah mulut. Mulut menjadi gerbang untuk makanan yang menjadi sumber nutrisi bagi tubuh. Sisa-sisa makanan yang tertinggal berpotensi merusak gigi Anda.

Gosoklah gigi minimal dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride ampuh untuk meminimalisir bakteri penyebab gigi berlubangmu makin parah.

Selai itu, gunakan juga pasta gigi khusus yang mengandung banyak xylitol dan kalsium untuk merawat gigi yang berlubang.

Menghindari Makanan Pemicu Gigi Berlubang

Makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin, makanan manis, lengket, bersantan, karbohidrat dan sebagainya dapat memicu gigi berlubang. Jika suda ada lubang kecil pada gigi Anda, hindarilah makanan-makanan tersebut supaya lubang gigi tidak meluas.

Kumur Air Garam

Jika gigi berlubang terasa nyeri, kumurlah dengan garam yang dilarutkan dalam air hangat. Air garam berfungsi sebagai anti bakteri untuk meringankan sakit gigi.

Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Makanan yang mengandung banyak kalsium seperti susu, telur, dan lainnya dapat memperkuat gigi. Konsumsilah makanan tinggi kalsium tersebut agar gigi Anda kuat dan tidak berlubang.

Mengunyah Permen Karet

Menguyah permen karet yang mengandung xylitol dapat membersihkan dan memperkuat gigi Anda. Kunyahlah permen karet setelah makan.

Rutin Periksa Ke Dokter Gigi

Banyak orang yang malas ke dokter gigi karena berbagai alasan. Jika gigi Anda berlubang, rutinlah berkonsultasi dengan dokter agar dapat mengetahui perawatan yang tepat bagi gigi Anda. Apabila gigi membusuk, tak ada jalan lain selain mencabutnya agar tidak menulari gigi lain yang sehat.

Demikian cara mudah merawat gigi berlubang. Ingat, gigi merupakan bagian tubuh yang penting bagi tubuh, jadi rawatlah dengan sebaik-baiknya sebelum terlambat.

Leave a Comment