Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Alam menyediakan beragam tanaman bermanfaat bagi kesehatan manusia. Salah satunya adalah daun sirsak. Tak banyak yang mengetahui khasiat daun sirsak untuk kesehatan, padahal daun sirsak memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia.

Daun sirsak dapat menjadi obat kanker. Khasiatnya bahkan telah disandingkan dengan efek kemoterapi yang biasa dilakukan oleh para penderita kanker untuk menyembuhkan penyakit mematikan tersebut. Memang, efek dari pengobatan herbal ini tidak instan. Perlu kesabaran dalam melakukan pengobatan ini.

Dan sirsak mengandung banyak senyawa bermanfaat seperti acetogenins, annohexocin, anocatacin, ananol, anomurine, anomuricin, dan lain-lain. Kandugan dalam daun sirsak membuatnya ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Berikut ini akan diulas berbagai manfaat daun sirsak dan cara mengolahnya. Selamat menyimak.

Daun Sirsak untuk Kanker

Sirsak mengandung senyawa yang dapat membunuh sel kanker. Selain itu, senyawa tersebut dapat menyeleksi mana sel kanker yang jahat, mana sel yang baik sehingga tidak merusak sel yang tidak sakit. Cara pengobatan menggunakan adalah sebagai berikut:

Siapkan 10 lembar daun sirsak yang sudah tua (berwarna hijau tua). Kemudian rebuslah daun tersebut dengan 3 gelas air dan biarkan air menyusut hingga tersisa 1 gelas. Minumlah dua kali sehai pada pagi dan sore hari selama 2 minggu berturut-turut.

Efek dari meminum ramuan ini adalah badan terasa hangat/panas. Namun pada bebrapa orang tidak merasakan efek panas ini. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa efek terapi menggunakandaun sirsak ini lebih ampuh dari kemoterapi.

Daun Sirsak untuk Asma

Untuk penderita asma, siapkan 7 lembar daun sirsak yang digunakan sebagai sarang semut rang-rang. Rebus dengan air kemudian remas-remas dan saring. Minum setiap pagi sampai asma sembuh.

Daun Sirsak untuk Asam Urat

Rebuslah 6-10 lembar daun sirsak yang sudah tua, potong-potong hingga mengeluarkan sarinya. Lalu rebuslah dau tersebut dengan 2 gelas air, sisakan sebanyak satu gelas. Minumlah dua kali sehari.

Daun Sirsak untuk Imunitas

Untuk mempertahankan kekebalan tubuh, minumlah ramuan daun sirsak yang terbuat dari 4-5 lembar daun sirsak yang direbus dengan 4 gelas air. Sisakan 1 gelas dan minumlah sekali sehari. Ramuan ini dapat menigkatkan imunitas tubuh Anda sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Daun Sirsak untuk Menghilangkan Bisul dan Eksim

Hauskan beberapa lembar daun sirsak yang masih muda, kemudian tempelkan pada bagian kulit yang keluar bisul. Lakukan perawatan hingga bisul mengering.

Daun Sirsak untuk Rheumatik

Sama seperti untuk menghilangkan bisul, tempelkan daun sirsak yang telah ditumbuk halus ke bagian pinggang atau bagian yang sakit rheumatik. Niscaya nyerinya akan berkurang.

Demikian khasiat daun sirsak untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda sekeluarga. Selamat mencoba!

Leave a Comment