Cara Praktis Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut memang bukan penyakit serius, namun orang yang menderita bau mulut dapat mengalami krisis kepercayaan diri yang serius. Bau mulut dapat megganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika Anda termasuk orang yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda bertemu dengan orang setiap hari. Tentunya Anda akan merasa minder untuk berdekat-dekatan dengan orang saat berbicara.

Oleh karena itu, bau mulut harus ditangani dengan tepat supaya Anda bisa kembali beraktifitas dengan lancar. Sebelumnya, kenali penyebab bau mulut berikut ini.

Penyebab Bau Mulut

Penyebab bau mulut sangat beragam. Umumnya, orang mengira bahwa penyebab bau mulut adalah karena kurang menjaga kebersihan mulut. Hal ini ada benarnya, karena jika kebersihan mulut tidak dijaga, maka akan menyebabkan berbagai keluhan di seputar rongga mulut sperti masalah gigi, gusi, dan lidah.

Makanan yang tertinggal di gigi akan membusuk dan menyebabkan bau mulut. Gigi berlubang disinyalir juga merupakan penyebab bau mulut. Oleh karena itu, menggosok gigi harus dilakukan secara teratur minimal dua kali sehari dengan sikat gigi dan pasta gigi yang tepat.

Bukan hanya gigi yang perlu dibersihkan dari sisa makanan, lidah juga merupakan bagian mulut yang rawan menjadi penyebab bau mulut karena sisa makanan yang tertinggal di mulut. Anda dapat membersihkan lidah dengan punggung sikat gigi (jika ada), atau dengan alat khusus yang dijual bebas di pasaran. Membersihkan lidah dapat dilakukan setelah menyikat gigi. Jika Anda hanya membersihkan gigi saja maka kemungkinan bakteri berkembang di lidah Anda.

Selain itu, pendarahan pada gigi juga bisa menyebabkan bau mulut. Gusi yang tidak sehat akan mengalami bengkak dan pendarahan. Jagalah kesehatan gusi dengan cara berkumur mnggunakan obat kumur yang dijual di pasaran atau dengan bahan alami seperti larutan garam dan rebusan sirih.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Berikut ini adalah solusi untuk mengatasi bau mulut:

1. Buah Pir

Mengonsumsi buah pir dan apel dapat merangsang pembentukan saliva yang dapat “membersihkan” mulut dari bakteri penyebab bau mulut.

2. Berkumur dengan Antiseptik

Untuk mengatasi bau mulut, Anda harus rajin menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi. Obat kumur yang dijual di pasaran, maupun dengan cara alami yakni berkumur dengan air rebusan sirih. Air garam juga dapat digunakan untuk mengurangi bau mulut.

3. Teh Hijau

Bau mulut dapat disembuhkan dengan cara meminum teh hijau setiap hari. Teh hijau juga dapat digunakan untuk berkumur.

4. Keju

Siapa mengira dengan mengonsumsi keju dapat mengatasi bau mulut. Kandungan kalsium dan fosfat pada keju dapat merangsang produksi saliva yang dapat mengurangi bakteri penyebab bau mulut.

5. Lemon

Lemon dapat menetralkan mulut dari bau tidak sedap yang disebabkan oleh makanan khusus seperti petai atau jengkol. Dengan memakan lemon atau meminum jus lemon, Anda akan terhindar dari bau mulut.

6. Kemangi

Mengunyah kemangi sebagai lalapan dapat menyegarkan mulut dan menjauhkan bau mulut.

7. Yoghurt

Yoghurt mengandung prebiotik yang berguna bagi kesehatan pencernaan. Jika pencernaan sehat, Anda akan terbebas dari penyakit maag, sembelit, konstipasi , dan sebagainya dan membebaskan Anda dari bau mulut yang tidak sedap.

Demikian cara praktis menghilangkan bau mulut. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment