Diet Garam untuk Kesehatan

Saat ini kita dikelilingi oleh makanan olahan yang menghadirkan lebih banyak garam dalam asupan harian kita dibandingkan jumlah sebenarnya yang diperlukan oleh tubuh. Walaupun garam bermanfaat dalam menambah cita rasa hidangan, namun seringkali tambahan tersebut sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Artinya, tanpa garam pun, sebenarnya masakan kita sudah punya rasa yang khas.

Berikut adalah beberapa tips untuk diet garam dalam asupan kita tapi menambah cita rasa makanan:

Kurangi Garam dalam Menu Harian 
Bagi yang sudah terbiasa mengkonsumsi garam dengan dosis yang tinggi, perlu untuk melatih lidah menikmati rasa asli dari makanan. Kabar baiknya, rata-rata orang tidak mampu benar-benar dapat membedakan tingkat keasinan, sehingga indera pengecap seseorang mungkin tidak akan merasakan perbedaannya jika mengurangi asupan garam hingga 25%.

 Gunakan bumbu alami

Bumbu dan rempah-rempah yang dihaluskan sendiri seperti oregano dan lada dapat menambah rasa dan aroma dalam resep makanan. Kurangi penggunaan bumbu instan. Bagi yang gemar menggunakan lada hitam, gunakan lada hitam yang dihaluskan sendiri, bukan lada hitam yang sudah digiling dari toko. Rasakan beda sensasi rasa yang didapatkan. Lada hitam yang digiling sendiri memiliki rasa dan aroma yang lebih kaya.

Gunakan bahan makanan yang segar

Gunakan sebanyak mungkin bahan makanan yang segar, karena bahan tersebut memiliki rasa yang paling alami. Meskipun ada beberapa bahan makanan yang lebih nikmat digunakan dalam kondisi kering seperti jamur shitake, namun penggunaan bahan segar lebih dianjurkan.

Makanan olahan mengandung tingkat garam yang tinggi karena garam dapat menyembunyikan rasa yang hambar dari bahan makanan yang kurang segar. Sebaliknya, bahan makanan yang segar tidak memerlukan bumbu yang banyak untuk mendapatkan rasa yang lezat.

Gunakan teknik memasak yang tepat
Rasa dari makanan dapat berkurang karena teknik masak yang salah. Terlalu besar api, atau terlalu lama waktu masak dapat mengurangi cita rasa alami yang seharusnya didapatkan. Teknik slow cooking, pembakaran, dan pemanggangan merupakan tiga teknik memasak yang dapat membantu untuk mengurangi penggunaan garam. Teknik memanggang, dapat mengeluarkan rasa manis dan asin dari sayur dan daging. Sama halnya dengan teknik slow cooking atau memasak dengan pelan yang dapat mengeluarkan keseluruhan cita rasa dalam makanan.

 

Leave a Comment