Mengenal Doa Sapu Jagad dan Keutamaanya !!

Doa Sapu Jagad – Mungkin banyak dari kita yang mengetahui betapa luar biasanya makna dari sebuah doa.

Berbicara mengenai doa, tahukah kamu bahwa ada doa yang kalimatnya begitu singkat dan ringkas namun sangat disukai oleh Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam? Itulah doa sapu jagad atau biasa dikenal dengan doa kebaikan dunia dan akhirat.

Doa ini juga dikenal mempunyai banyak keutamaan, sampai-sampai ada yang meyakini bahwa doa sapu jagad adalah doa untuk mendapatkan wanita sholihah idaman setiap orang.

Untuk itu, yuk coba kita pelajari lebih dalam mengenai doa yang ampuh ini. Hanya Allah yang memberi kurnia.

Nabi Muhammad Saw. Menyukai Doa yang Singkat Namun Sarat akan Makna

doa kebaikan dunia dan akhirat

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنْ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ

Artinya:

“Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam menyukai doa-doa yang singkat, padat dan meninggalkan selain itu”. (HR. Abu Daud no. 1438, dikatakan shahih oleh Syaikh Albani)

Nah, salah satu doa yang ringkas, padat namun juga banyak mengandung kebaikan ialah doa sapu jagad:

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Robbanaa aatina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar.”

“Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka”. (QS. Al Baqarah: 201)

Mengapa Doa Sapu Jagad?

menuntut ilmu
pendoasion.wordpress.com

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar

“Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka” (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690)
Imam Muslim menambahkan dalam riwayatnya yang menyebutkan,

وَكَانَ أَنَسٌ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْعُوَ بِدَعْوَةٍ دَعَا بِهَا فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْعُوَ بِدُعَاءٍ دَعَا بِهَا فِيهِ

“Jika Anas radhiyallahu ‘anhu hendak berdoa, ia pasti berdoa dengan doa tersebut. Dan jika ia hendak berdoa dengan doa yang lain, ia pun menyisipkan doa tersebut di dalamnya.” (HR. Muslim no. 2690).

Ibnu Hajar rahimahullah menambahkan,

لَمْ يَدْعُ نَبِيّ وَلَا صَالِح بِشَيْءٍ إِلَّا دَخَلَ فِي هَذَا الدُّعَاء

“Tidaklah seorang nabi maupun orang shalih berdoa melainkan mereka menggunakan doa ini.” (Fathul Bari, 2: 322).

Imam Nawawi rahimahullah berpendapat mengenai pengertian doa sapu jagad ini,

وَأَظْهَرُ الْأَقْوَال فِي تَفْسِير الْحَسَنَة فِي الدُّنْيَا أَنَّهَا الْعِبَادَة وَالْعَافِيَة ، وَفِي الْآخِرَة الْجَنَّة وَالْمَغْفِرَة ، وَقِيلَ : الْحَسَنَة تَعُمّ الدُّنْيَا وَالْآخِرَة 

“Pendapat yang lebih tepat mengenai tafsiran ‘kebaikan di dunia’ ialah ibadah dan ‘afiyah (kesehatan). Sedangkan ‘kebaikan di akhirat’ ialah surga dan ampunan Allah. Ada juga ulama yang mengatakan bahwa kebaikan di situ mencakup umum untuk seluruh kebaikan di dunia dan akhirat.” (Syarh Shahih Muslim, 17: 13).

Hikmah dari Doa Sapu Jagad

www.howitworksdaily.com

Begitu indah bukan apa yang sudah dikatakan dalam Al Quran dan juga diamalkan oleh Rasul-Nya? Nah, dari beberapa uraian diatas dapat kita ambil beberapa hikmah, antara lain:

  1. Dianjurkan kepada kita untuk beristiqomah membaca doa sapu jagad ini, karena lafadznya yang singkat dan ringkat. Namun kandungan maknanya begitu luas, yakni permintaan akan kebaikan dunia, kebaikan akhirat dan agar terbesas dari api neraka.
  2. Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam juga paling sering membaca doa ini, sebab mencakup tiga hal tersebut.
  3. Kebaikan dunia yang dimaksudkan yaitu meliputi rizki yang berkah, nikmat sehat, istri sholihah, ilmu yang bermanfaat serta kebaikan-kebaikan lainnya.
  4. Sedangkan maksud dari kebaikan akhirat adalah sebuah permintaan agar Allah Swt. membebaskan kita dari segala bentuk rasa takut dan kekhawatiran, memudahkan kita dalam hari perhitungan (yaumil hisab) dan memasukkan kita ke dalam surga-Nya yang indah.
  5. Adapun maksud dibebaskan dari api neraka yakni sebuah permintaan agar kita senantiasa dikuatkan dalam melewati semua cobaan yang dapat menjerumuskan ke dalam neraka.

Hanya Allah Swt yang memberi taufik. Dan semoga dengan mengamalkan doa sapu jagad yang ampuh ini, semua kebaikan mengalir ke dalam hidup kita dan kelak bisa dekat dengan rasulullah di surga-Nya. Amiiin !!

Leave a Comment