Fakta Mengejutkan Tentang Air Mata

Setiap orang pasti pernah menangis. Menangis adalah cara seseorang untuk mengungkapkan kesedihan, emosi dan kebahagiaan. Sebagian orang menganggap menangis adalah perbuatan cengeng. Namun, ada fakta-fakta mengejutkan tentang menangis dan air mata yang perlu Anda ketahui.

Menangis adalah proses mengeluarkan air mata, dimana air mata ini diproduksi oleh kelenjar lacrimal yang terletak di antara bola mata dan kelopak mata. Saat menangis, orang akan memejamkan mata sehingga air menetes ke pipi.

Air mata juga dapat memasuki rongga hidung, sehingga hidung kita bisa meler saat menangis. Wanita cenderung lebih lama menangis yakni sekitar 6 menit dan laki-laki sekitar 4 menit. Ada perbedaan air mata jika dilihat dari penyebab pembentukannya.

1. Air Mata Basal

Air mata ini adalah air mata yang bersifat melindungi kornea mata dan menjaga mata agar terlindungi dari kekeringan dan benda asing. Air mata basal diproduksi setiap hari, mengandung protein yang dapat membuat mata Anda tetap lembab dan terjaga dari infeksi.

2. Air Mata Refleks

Air mata ini keluar saat ada rangsangan dari luar, misalnya ketika mata terkena debu, asab, saat mengiris cabai atau bawang, dan terkena tangan secara tak sengaja. Air mata ini terbentuk karena kelenjar hormon dari kelopak mata untuk melindungi mata secara otomatis. Subhanallah! Hebat, bukan?

3. Air Mata Emosional

Air mata ini terbentuk tatkala Anda merasa sedih maupun bahagia. Mata Anda juga dapat memproduksi air mata emosional saat Anda merasa sakit, sehingga air mata keluar begitu saja dari mata. Saat menangis sedih, air mata emosional memuat ion-ion negatif yang dapat membuat Anda menjadi tenang.

Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa kajian tentang air mata dan menemui bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun! Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahawa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya dari mata.

Dalam islam, menangis diperbolehkan terutama saat Shalat malam dalam rangka menangis karena menyesal akan dosa. Air mata yang keluar termasuk dalam air mata emosional yang dapat melegakan perasaan dan membuat emosi lebih tertata.

Terakhir, menangis juga dapat menurunkan aktivitas jantung sehingga kita menjadi tenang dan memberi respon positif dalam penyembuhan rasa sakit. So, jangan ragu untuk menangis, karena menangis dapat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Leave a Comment