Ini Dia Persiapan Nutrisi Calon Ibu

Bagi wanita yang sudah menikah, tentu perlu mempersiapkan diri untuk menjadi seorang calon ibu. Bukan hanya persiapan mental, namun persiapan secara fisik juga perlu ditingkatkan. Apalagi soal asupan nutrisi. Calon ibu harus mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting agar proses kehamilan dapat berjalan dengan baik dan janin tumbuh dengan sehat.

Persiapan asupan nutrisi ini bahkan bisa dimulai sebelum konsepsi. Calon ibu perlu mendapatkan asupan yang bergizi agar proses pembuahan berlangsung dengan baik. Kurangnya asupan nutrisi membuat kehamilan menjadi tidak lancar.

Berikut tini adalah asupan nutrisi yang perlu ditingkatkan selama sebelum kehamilan terjadi.

1. Asam Folat

Asam folat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu pembentukan susunan syaraf pusat dan darah pada bayi. Jika kebutuhan asam folat terpenuhi, maka resiko bayi terlahir dalam keadaan cacat sistem syaraf sebanyak 70%. Selain itu, asam folat memperlancar proses pembuahan sel telur. Asam folat dapat ditemukan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, kuning telur, avokad dan jeruk.

Mengonsumsi makanan tinggi asam folat sesuai anjuran dapat menurunkan resiko bayi lahir cacat. Jadi, penuhilah kebutuhan asam folat ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Protein

Makanan yang mengandung protein nantinya  dapat membantu tumbuh kembang janin agar selalu sehat. Rajinlah mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan protein seperti kacang-kacangan, telur, ikan daging, dan sebagainya.

3. Zat Besi

Zat besi sangat berpengaruh terhadap siklus ovulasi calon ibu. Cukupi kebutuhan zat besi agar siklus ovulasi teratur dan dapat memperlancar proses pembuahan. Zat besi juga mencegah terjadinya anemia.

4. Zat Seng

Seperti zat besi, zat seng juga tak kalah penting bagi calon ibu. Zat seng dapat membantu prosuksi materi genetik pada janin.

Makanan atau hal-hal yang harus dihindari bagi calon Ibu adalah sebagai berikut:

1. Kafein

Kosumsi kafein dapat memperburuk kesehatan pra kehamilan. Konsumsi maksimal kafeina dalah 200 miligram per hari dan sebaiknya hentikan saat mulai kehamilan.

2. Alkohol

Alkohol dapat mempegaruhi kesuburan dan kesehatan sebelum kehamilan. Minuman beralkohol dapat memperburuk kesehata ibu dan janin.

3. Rokok

Tinggalkan kebiasaan merokok karena kan berakibat buruk pada janin Anda. Untuk calon ayah yag merokok, hentikan kebiasaan merokok Anda di dekat calon ibu, karena perokok pasif sama berbahayanya dengan perokok aktif. Hinadari asap rokok untuk menjaga kesehatan tubuh anda sebelum kehamilan.

4. Daging, Telur, dan Sayuran Mentah

Daging dan telur mentah beresiko membawa bakteri salmonella yang dapat menyebabkan diare pada calon ibu. Hal ini akan berbahaya jika masuk ke dalam tubuh calon ibu.

Begitupula dengan sayuran mentah. Hindari mengonsumsi sayuran mentah yang tidak dicuci dengan sempurna karena beresiko membawa bakteri toksoplasma.

5. Ikan bermerkuri

Mengonsumsi ikan memang baik bagi ibu, namun upayakan tidak sembarangan mengonsumsi ikan. Makanlah ikan yang sehat dan terbebas dari merkuri berbahaya.

Demikian tips persiapan nutrisi untuk calon ibu. Semoga bermanfaat untuk Anda dan semoga kehamilan Bunda berjalan dengan lancar.

Leave a Comment