Kala Istri Jenuh di Rumah

Rutinitas di rumah seringkali membuat seorang ibu rumah tangga menjadi jenuh. Aktivitas yang monoton setiap hari membuat kejenuhan menghinggapi istri. Bila tidak ditangani, kejenuhan akan berbuah emosi yang tak terkendali. Istri jadi gampang marah dan meledak-ledak. Bisa jadi, hanya masalah sepele saja, salah meletakkan barang misalnya, suami dan anak menjadi korban luapan emosi. Akibatnya tentu akan merembet kemana-mana.

Jika aktivitas istri hanya dirumah saja (mengurus rumah tangga), tidak bekerja di luar dan tidak memiliki bisnis di rumah, maka istri akan lebih mudah merasa bosan. Kesibukan rumah tangga tak lantas mengusir kebosanan tersebut, sehingga perlu ada aktivitas lain sebagai hiburan.

Bagi yang sudah memiliki momongan, masih ada peluang kebosanan terobati dengan kelucuan si kecil. Namun, yang belum diamanahi momongan, tentu perlu adanya aktivitas tambahan yang dapat mengalihkan kejenuhan. Menonton televisi dan asyik di media sosial bukan solusi terbaik untuk mengisi kekosongan dan kesendirian.

Solusinya, arahkan waktu luang sehari-hari dengan mengisinya dengan kegiatan yang produktif. Untuk itu, para istri hendaknya memelajari berbagai keterampilan yang dapat dimanfaatkan untuk berkreasi dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat atau bisa dijual. Membuat pernik-pernik, kue-kue, menjahit, menulis, dan mengelola bisnis secara online bisa menjadi alternatif suaya istri tak jenuh. Jika dijalani dengan sepenuh hati, insya Allah sedikit demi sedikit kejenuhan akan berganti dengan kegembiraan, karena istri merasa bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat.

Cara lainnya adalah dengan sesekali beraktivitas di luar rumah. Berekreasi, berkunjung ke rumah sahabat, atau sekedar berjalan-jalan di sekitar rumah juga dapat mengalihkan sejenak pikiran dari rutinitas rumah tangga. Sehingga seorang istri dapat lebih ceria menghadapi hari-hari. Wallahua’lam.

Leave a Comment