Khasiat Daun Dewa Untuk Kesehatan

Daun Dewa (Gynura segetum) adalah tanaman yang mudah dikembangbiakan sehingga dapat dengan mudah ditemukan di pekarangan rumah. Daun dewa merupakan tanaman herbal yang berasal dari daratan China dan Myanmar. Nama daun dewa sendiri berasal dari Sumatera, sebab bentuk daunnya yang bergerigi mirip dengan motif yang berada pada pakaian para dewa.

Daun dewa mengandung senyawa aktif seperti flavonoid, monoterpen, dan seskuiterpen lakton, yang berfungsi sebagai antikanker dan antitumor. Zat yang dikandung daun dewa dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker sehingga tanaman herbal ini dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi kanker dan tumor. Selain itu, daun dewa juga bermanfaat untuk mengobati luka, menyembuhkan memar dan pembengkakan akibat luka pukul, dan menurunkan kolesterol jahat.

Cara mengonsumsi daun dewa adalah dengan mengambil sarinya dengan cara merebus 15-20 gram daun dewa segar yang baru dipetik dengan 3 gelas air. Rebus hingga air menyusut setengahnya, kemudian minum ramuan ini 2 kali sehari. Sedangkan untuk pengobatan luar, tumbuklah beberapa lembar daun dewa yang telah dicuci, kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang sakit/memar.

Daun dewa ini juga berkhasiat untuk menghentikan pendarahan dan mengobati luka akibat binatang berbisa. Hal ini karena daun dewa memiliki zat yang bersiat antikoagulan. Anda mau mencobanya? Semoga ikhtiar kita untuk menyembuhkan penyakit dengan daun dewa ini mendapat pertolongan dari Allah SWT Yang Maha Menyembuhkan. Aamiin.

Leave a Comment