Khasiat Rebung untuk Kurangi Resiko Stroke

Rebung adalah salah satu jenis sayuran yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Di Jawa, Rebung disebut dengan “bung”, sedangkan sebutannya dalam bahasa Inggris adalah bamboo shoot. Aslinya, rebung adalah tunas dari pohon bambu.

Rebung biasanya dipanen pada bulan Desember-Februari dimana curah hujan masih tinggi-tingginya. Rebung dipanen saat ketinggiannya mencapai 20 cm dan diameternya 7 cm. Rebung dapat diolah menjadi sayur yang menggugah selera dan disajikan dengan sambal. Tentunya, rasa lezat dari rebung ini dapat membuat selera makan Anda menjadi meningkat.

Ada berbagai manfaat dari rebung. Salah satu khasiat rebung adalah untuk mengurangi resiko stroke. Apa saja kandungan yang dimiliki tunas rebung ini? Dan apa saja manfaat dari mengonsumsi rebung?

Rebung memiliki kandungan Di dalam Rebung terdapat banyak kandungan senyawa mulai dari air (paling banyak sampai 91%), thiamin, protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, kalium, fosfor, besi, dan lainnya. Manfaat dari rebung untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi Resiko Stroke

Rebung mengandung kalium yang tinggi yakni 533 mg per 10 gramnya.Bahan makanan yang kaya akan kalium, minimal 400 mg, sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke. Stroke biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan kalium. Kekurangan mineral kalium juga dapat terserang penyakit pelunakan otot. Maka dari itu konsumsilah rebung agar otot Anda menjadi kuat.

2. Mencegah Kanker Usus

Rebung memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat pangan yang dikandungnya mencapai 2,56 persen. Asupan serat mampu mecegah berbagai macam penyakit, salah satunya adalah kanker usus.Serat pangan ini sendiri biasanya berbentuk karbohidrat kompleks yang terdapat pada dinding sel tumbuhan, termasuk rebung.

Mengonsumsi rebung dapat menjadi alternatif untuk mencukupi serat pangan setiap hari, agar pencernaan manjadi lancar dan dapat menjauhkan kita dari panyakit yang lebih serius seperti kanker usus.

Demikianlah kandungan dan khasiat rebung untuk cegah stroke dan kanker usus. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Comment