Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

Buah papaya adalah buah lokal yang banyak disukai oleh masyarakat. Merupakan buah tropis, sehingga banyak ditemukan di Indonesia. Selain rasanya yang banyak disukai, kandungan zat dalam buah oeoaya ternyata banyak manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat buah pepaya bagi tubuh:

Manfaat Enzim Papaya
Seluruh bagian dari pohon papaya termausk buah dan daunnya mengandung enzim papaya yang bermanfaaat untuk membantu dalam mencerna protein. Enzim papaya paling banyak terdapat dalam buah papaya, walaupun masih mentah sekalipun. Enzim ini banyak digunakan pada suplemen makanan dan sebagai bahan tambahan dalam permen karet.

Melindungi Sistem Kardiovaskular
Kombinasi dari Vitamin C, Flavonoid, vitamin B, folat, pantothenic acid dan beberapa mineral, potassium, tembaga dan magnesium bersama dengan kandungan serat yang tinggi memberikan perlindungan terhadap penyakit-penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung koroner.

Manfaat Vitamin C
Vitamin C yang terkandung dalam pepaya kurang lebih 48 kali dari Vitamin C yang terkandung dalam buah apel. Seperti yang kita ketahui, vitamin C merupakan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Melancarkan Pencernaan
Banyak dari kita yang sudah tahu manfaat satu ini. Serat dari buah papaya mampu melancarkan buang air besar. Efek lainnya adalah dnegan lancarnya buang air besar, resiko terjadinya kanker kolon bisa ditekan.

Anti Inflamasi atau Anti Peradangan
Enzim papain dan chymopapain yang terkandung dalam buah pepaya memiliki efek anti peradangan (anti inflamasi) serta membantu dalam penyembuhan luka bakar.

Leave a Comment