Khasiat Brokoli untuk Kesehatan

Konsumsi sayur-sayuran dalam diet keseharian kita sangat dianjurkan. Bagi anda yang ingin hidup sehat pastikan ada sayuran dalam menu diet yang anda makan. Beberapa zat gizi makro dan vitamin banyak terkandung dalam sayuran. Salah satu sayuran yang dianjrkan untuk dikonsumsi dalam diet keseharian adalah brokoli.

Rasa brokoli yang tidak begitu kuat juga menjadi nilai lebih karena kita lebih bisa mengolahnya menjadi berbagai macam masakan. Kandungan nutrisi yang cukup banyak menjadikan brokoli memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan.

Mencegah Kanker

Brokoli memiliki kemampuan untuk mencegah timbulnya kanker dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayuran lain yang mempunyai manfaat yang sama adalah kubis, dan kembang kol.

Mengatur Tekanan Darah
Kandungan kalsium dan magnesium yang terdapat dalam brokoli sangat baik membantu sebagai diet sehat bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Menurunkan Kadar Kolesterol 
Brokoli mengandung serat yang cukup tinggi.Serat dapat membersihkan kolesterol dalam tubuh. Mengkonsumsi banyak serat juga baik untuk menurunkan berat badan dan menyehatkan pencernaan. Serat ini akan mampu mengikat kolesterol darah secara fisik, sehingga mengurangi kolesterol jahat dalam darah.

Menurunkan Gejala Inflamasi dan Reaksi Alergi
Kaempferol adalah salah satu zat yang  zat yang mampu mengurangi peradangan dan menekan reaksi alergi. Kaempferol ini terdapat dalam brokoli. Nutrisi lain yang terdapat dalam brokoli yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi adalah asam lemak omega 3. Gejala peradangan seperti kemerahan, berbenjol dan gatal dapat berkurang dengan mengkonsumsi sayuran ini.

 Sumber Antioksidan

Sejumlah antioksidan ditemukan dalam brokoli misalnya vitamin C. Antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas serta dapat mencegah stress oksidatif yang dapat menimbulkan insomnia.

Antioksidan lain yang ditemukan antara lain karotenoid lutein, beta-karoten, zeaxanthin dan lain-lain. Antioksidan mampu mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah serta mencegah penuaan dini.

Leave a Comment