Mengatasi Sariawan Parah Secara Alami

Sariawan merupakan penyakit rongga mulut yang seringkali menyerang siapa. Sariawan memang bukan penyakit yang sangat serius, namun keberadaan penyakit ini dapat menyebabkan kesulitan makan, berbicara dan menghilangkan nafsu makan. Sariawan dapat membuat penderitanya merasa bad mood karena untuk tersenyum saja sakitnya minta ampun.

Ada beberapa penyebab sariawan, antara lain:

1. Kekurangan Vitamin C

Secara umum, sariawan dapat timbul karena kekurangan vitamin C, sehingga dapat menyebabkan kekebaan tubuh menurun.

2. Stres dan Hormonal

Stres juga dapat memicu sariawan yag parah. Perubahan hormonal juga membengaruhi kesehatan rongga mulut. Wanita yang mengalami siklus haid biasanya juga rentan terkena sariawan. Mereka biasanya menderita sariawan sebelum datang bulan.

3. Kurang Menjaga Kebersihan Mulut

Kebersihan mulut yang tidak djaga dapat menjadi salah satu penyebab utama sariawan. Rajinlah menggosok giigi agar bakteri tidak menginfeksi rongga mulut yang mengakibatkan sariawan. Namun, perlu diperhatikan untuk memakai pasta gigi yang cocok.

4. Luka Akibat Tergigit atau Benturan

Adanya trauma akibat tergigit dapat melukai bibir atu lidah sehingga memunculkan luka sariawan. Jika tergigit berulang-ulang, maka luka akan semakin membesar dan sariawan menjadi parah.

Masih banyak lagi penyebab sariaawan seperti merokok, kekurangan vitamin B12, genetik/keturunan, sistem imun yang menurun dan penggunaan kawat gigi.

Ada beberapa langkah mudah untuk mengatasi sariawan yang parah secara alami, yakni dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemui sehari-hari. Berikut penjelasannya.

  • Berkumur air garam. Siapkan garam secukupnya, larutan dengan air hangat. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian pakailah larutan garam tersebut untuk kumur-kumur. Garam akan membantu cairan pada luka terangkat keluar sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan.
  • Mengonsumsi yoghurt. Yoghurt baik untuk menyembuhkan sariawan karena dapat menyeimbangkan bakteri dalam mulut. Pilih Yoghurt yang masih mengandung acidophilus hidup.
  • Menggunakan bawang dan pepaya. Caranya, tempelkan langsung bawang atau pepaya ke luka sariawan untuk mempercepat proses penyembuhan.
  • Konsumsi vitamin. Konsumsi makanan dan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan vitamin B agar sariawan cepat sembuh. Bila perlu, tambah asupan vitamin dan mineral yang bisa didapatkan dalam suplemen makanan.
  • Makan makanan yang mengandung zat besi. Makanan seperti gandum, brokoli dan telur mengandung zat besi yang tinggi untuk mengatasi sariawan.
  • Hindari makanan pedas. Mengonsumsi makanan pedas diyakini dapat menyembuhkan sariawan karena kandungan vitamin C pada cabai yang tinggi. Namun sebaiknya Anda menghindari makanan pedas karena dapat memperparah luka sariawan dan membuat Anda tidak nyaman saat rasa pedas mengenai sariawan Anda.
  • Istirahat cukup dan hindari stress. Seperti yang telah disebutkan tadi, stress adalah salah satu penyebab dari sariawan. Maka dari itu, istirahatlah dengan cukup agar sariawan Anda tidak berkepanjangan. Usahakan pikiran rileks dan tidak stress.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi sariawan secara alami. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment