Mari Mengenal Cutting Sticker

Secara bahasa cutting sticker adalah sticker yang dengan cara dipotong. Teknik pemotongan sticker cutting biasanya menggunakan sebuah mesin yang disebut dengan mesin cutting sticker.

Apa Kelebihan Cutting Sticker Dibandingkan Sticker Biasa?

kingstickerbali.blogspot.com
kingstickerbali.blogspot.com

Berikut beberapa kelebihan cutting sticker dibandingkan sticker biasa:

1. Lebih tahan lama dan warnanya pun tidak mudah pudar

Jenis sticker yang biasa digunakan untuk mesin cutting sticker seperti oracal, 3m atau scotchcal bahkan bisa tahan hingga 5 tahun. Sementara sticker biasa (seperti sticker printing) biasanya hanya bertahan 1 tahun saja. Hal ini bisa terjadi karena pada sticker cutting, warnanya memang sudah permanen dari pabrik. Sementara sticker printing warnanya berasal dari hasil printing baru.

2. Ada jenis sticker cutting yang bisa memantulkan warna di tempat yang gelap atau disebut glow in the dark. Jenis sticker ini antara lain scothchilte atau fosfor. Sedangkan di sticker printing tidak ada jenis sticker yang seperti ini.

3. Sticker cutting merupakan jenis sticker yang bentuknya sesuai dengan desain yang telah dibuat. Jika desainya berbentuk gambar motor, maka sticker cutting-nya akan berbentuk motor pula. Hal ini berbeda dengan sticker printing yang bentuk umumnya segi empat.

Kekurangan Sticker Cutting

cuttingstickerindo.wordpress.com
cuttingstickerindo.wordpress.com

Tentu sticker cutting ada kekurangannya dibandingka sticker jenis lain. Berikut beberapa d antaranya:

1. Sticker cutting terbatas untuk warna yang solid, tidak bisa malakukan variasi warna.

2. Proses membuatnya cenderung lebih rumit dibandingkan sticker printing atau sticker jenis lain

3. Waktu pengerjaannya cenderung lebih lama. Hal ini karena pembuatan sticker cutting ada proses yang disebut weeding atau peeling. Peeling adalah proses membuang bagian sticker cutting yang tidak penting.

Jenis Sticker Cutting

toko44.com
toko44.com

Sticker cutting memiliki beberapa jenis. Berbagai jenisnya antara lain:

1. Vinyl

Vinyl merupakan salah satu jenis sticker cutting yang paling sering dicari pengusaha cutting. Vinyl sendiri terdiri berbagai seri antara lain: oracal, avery, ritrama, 3m, mactac, rexcall, scfix, aslan dll.

2. Scothlite

Jenis sccothlite antara lain 3m, rextile, transign, xlite, siecholite dan kiwalet.

3. Sandblast

Jenis cutting sticker ini umumnya digunakan untuk kaca di perkantoran, mall atau rumah. Merk yang sering dicari antara lain taki, 3m, skj, kolon dan hyundai.

4. Hologram

Hologram merupakan jenis sticker yang biasa digunakan untuk segel sebuah produk.

5. Carbon kevlar

Carbon kevlar merupakan jenis sticker cutting yang biasa digunakan untuk usaha variasi mobil. Untuk memesangnya pun menggunakan alat khusus.

6. Fosfor

Fosfor adalah jenis sticker yang bercahaya di tempat gelap atau dikenal juga dengan glow in the dark. Jenis sticker ini sering digunakan untuk safety sign, rambu lalu lintas dll.

Itulah beberapa hal mengenai cutting sticker. Nah, untuk memotong sticker tersebut dibutuhkan alat yang disebut dengan mesin cutting sticker. Salah satu penjual mesin cutting sticker terlengkap di Indonesia adalah lapakrazi.com. Jika ada yang berminat, bisa menghubungi customer service lapakrazi.com di 085211452245 atau BBM: 54257A24.

Leave a Comment