Mengenal Lebih dekat % AKG

Adakah yang pernah mendengar tentang AKG? Atau minimal pernah membaca tulisan AKG atau % AKG? Dimana bisanya istilah ini digunakan? Yap, istilah % AKG biasanya dapat kita temui pada label kemasan makanan. Tapi, sudah tahukah apa maksud yang ingin disampaikan dari tulisan tersebut?

AKG merupakan akronim dari angka kecukupan gizi. Dalam bahasa lain kadang disebut juga sebagai % Daily Value atau persentase asupan harian. Biasanya dituliskan dalam bentuk persen dan dilengkapi dnegan penjelasan dengan satuan gram. Angka yang tertera ini menginformasikan persentase dari setiap gizi dalam satu porsi per hari yang disarankan.

Misalkan pada tabel tercantum, jumlah total karbohidrat adalah 33 gram dan % AKG tercantum adalah 15%. Hal ini menunjukkan produk mengandung karbohidrat sebanyak 37 gram, dimana karbohidrat tersebut hanya mampu mencukupi 15% dari total kebutuhan karbohidrat dalam sehari.

Hal ini penting untuk diketahui agar pada saat membeli makanan, kita tidak salah pilih dan akhirnya membeli yang kandungan gizinya dibawah standar. Atau malah justru membeli makanan yang seharusnya dibatasi kandungan gizinya.

Tips yang bisa digunakan adalah:

Cari produk dengan nilai % AKG tinggi (> 20%) pada bagian ‘cukupi zat gizi ini’ supaya kebutuhan gizi anak terpenuhi. Seperti serat, vitamin dan mineral.

Sedangkan untuk yang diberikan keterangan ‘batasi zat gizi ini’ pilih produk dengan nilai persen AKG yang rendah (< 5%). Seperti lemak jenuh, kolesterol, dan sodium agar tidak berlebihan saat mengkonsumsi. Dalam bahasa lain, sodium kadang dituliskan sebagai natrium. Natrium merupakan salah satu komponen penyusun garam dapur.

Leave a Comment