Mengenal Perbedaan Antara Daging Sapi dan Babi

Sebanrnya, ada beberapa perbedaan mendasar antara daging babi dan sapi. Secara mudah ada lima aspek yang terlihat berbeda antara daging babi dan sapi yaitu warna, serat daging, tipe lemak, aroma dan tekstur.

Warna
Daging babi memiliki warna yang lebih pucat dari daging sapi, mendekati warna daging ayam. Hanya saja, perbedaan ini tak dapat dijadikan pegangan, karena warna pada daging babi oplosan biasanya dikamuflase dengan pelumuran darah sapi. Walau kamuflase ini dapat dihilangkan dengan perendaman air, ada bagian tertentu dari daging babi yang warnanya mirip sekali dengan daging sapi sehingga sangat sulit membedakannya.

Penampakkan Lemak
Lemak sapid an lemak babi berbeda dalam tingkat keelastisannya. Daging babi memiliki tekstur lemak yang lebih elastis sementara lemak sapi lebih kaku dan berbentuk. Selain itu lemak pada babi sangat basah dan sulit dilepas dari dagingnya. Sedangkan lemak daging agak kering dan tampak berserat. Namun, yang perlu kita perhatikan adalah ada bagian tertentu seperti ginjal, penampakkan lemak babi hampir mirip dengan lemak sapi.

Serat daging
Perbedaan ini sangat jelas. Serat-serat daging sapi tampak padat dan garis-garis serat terlihat jelas. Sedangkan pada daging babi, serat-seratnya terlihat samar dan sangat renggang. Perbedaan ini semakin jelas ketika kedua daging direnggangkan bersama.

Tekstur
Daging babi mempunyai struktur yang lembek. Berbeda dengan daging sapi yang teksturnya lebih kaku. Melalui perbedaan ini sebenarnya ketika kita memegangnya pun sudah terasa perbedaan yang nyata antar keduanya karena terasa sekali daging babi sangat kenyal. Sementara daging sapi terasa solid dan keras sehingga cukup sulit untuk diregangkan.

Aroma
Ada sedikit perbedaan antara aroma daging babi dan sapi. Daging babi memiliki aroma khas tersendiri, berbeda dengan aroma daging sapi yang anyir seperti yang telah kita ketahui. Dari segi bau ini sebenarnya merupakan hal paling mudah untuk membedakan keduanya. Namun, ini pun perlu dilatih secara berulang. Hal ini dikarenakan, perbedaan baunya tidak cukup signifikan.

Leave a Comment