Warning: include_once(/srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/plugins/wp-super-cache2/wp-cache-phase1.php): failed to open stream: No such file or directory in /srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/advanced-cache.php on line 22

Warning: include_once(): Failed opening '/srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/plugins/wp-super-cache2/wp-cache-phase1.php' for inclusion (include_path='.:/opt/sp/php7.4/lib/php') in /srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/advanced-cache.php on line 22
Pentingnya Vitamin B dalam Metabolisme Tubuh

Pentingnya Vitamin B dalam Metabolisme Tubuh

Vitamin B adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Vitamin yang larut dalam air ini berperan dalam menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit. Orang dengan kekurangan asupan vitamin B dapat terserang berbagai macam gangguan kesehatan.

Vitamin B banyak jenisnya, antara lain vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (phantothenic acid), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), B12 (kobalamin). Rangkaian vitamin B tersebut biasa disebut vitamin B kompleks. Makanan yang mengandung vitamin B kompleks ini antara lain daging, ikan, telur, susu, kedelai, biji-bijian, sayuran hijau, dan masih banyak lagi.

Vitamin B penting dalam proses metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh lancar, maka asupan nutrisi ke sel-sel di seluruh tubuh termasuk otak juga lancar. Oleh karena itu rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B dapat mengurangi resiko penyakit stroke. Selain itu, vitamin B juga dapat menjaga kesehatan jantung, hati, kulit, rambut, dan mata.

Contohnya vitamin B9 atau akrab disebut dengan asam folat. Asam folat dapat mencegah anemia, kekurangan berat badan serta asupan nutrisi yang baik sekali bagi otak sehingga sangat diperlukan oleh ibu yang sedang mengandung. Kekurangan vitamin B9 dapat meningkatkan resiko melahirkan bayi yang cacat.

Oleh karena itu, terapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi aneka pangan yang mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin B kompleks. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin B kompleks, metabolisme dalam tubuh akan berlangsung lancar dan tubuh akan menjadi sehat.

Leave a Comment