Empat Makanan Penangkal Radikal Bebas

Setiap kita tentu menginginkan tubuh sehat dan terhindar dari penyakit. Apalagi di musim yang tidak menentu  seperti sekarang ini, menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima menjadi hal yang harus dilakukan. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan olah raga teratur, memperbanyak minum air putih, istirahat yang cukup, serta mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi.

Kenapa harus antioksidan? Sebab antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit. Beberapa makanan dan minuman segar yang mengandung banyak radikal bebas antara lain:

Buah Naga

Buah naga mempunyai warna kulit dan buah merah. Warna merah ini menunjukkan adanya zat antioksidan berupa antosianin. Bukan hanya buah naga, buah-buah yang mepunyai warna serupa dan warna ungu juga mempunyai kandungan antosianin yang tinggi. Misalnya terong belanda, buat bit, ubi ungu dan lain sebagainya.

Tomat

Berbeda dengan buah naga yang mengandung antosianin, buah tomat mengandung zat likopen yang mempunyai sifat anti kanker. Selain tomat, makanan lain yang mengandung likopen adalah cabai terutama cabai merah.

Teh

Teh mengandung zat antioksidan berupa polyfenol. Polyfenol terbukti mampu mencegah radikal bebas dalam tubuh. Namun, bagi anda yang hobi minum teh, ada baiknya tidak mengkonsumsi teh setelah makan. Sebab teh mengandung zat anti gizi yang mampu berikatan dengan zat besi dari makanan yang kita konsumsi

Strawberry, Jeruk dan Buah lain yang Mengandung Vitamin C

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang baik untuk tubuh. Sebab itu, mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C disaat musim yang tidak menentu seperti sekarang ini dapat membantu mempertahankan kondisi tubuh agar tetap fit.

 

Leave a Comment