Penyebab Karang Gigi dan Cara Menghilangkannya

Karang gigi adalah ganguan pada gigi dan mulut yang dapat membuat kita tidak nyaman. Setiap orang bisa mengalami masalah gigi yang satu ini. Karang gigi terbentuk akibat kotoran atau sisa makanan yang tertinggal di gigi, kemudian terjadi pengerasan yang disebabkan oleh air liur yang mengandung mineral.

Karang gigi yang menempel di gigi (utamanya yang berada di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh sikat gigi) bisa mengakibatkan kerusakan gigi yang lebih parah. Misalnya pengeroposan gigi dan bau mulut. Tentunya, Anda tidak mau hal ini terjadi pada Anda, bukan? Oleh karena itu, diperlukan pencegahan dan cara-cara untuk menghilangkan karang gigi yan sudah terlanjur terbentuk.

Berikut ini adalah cara mencegah dan menghilangkan karang gigi:

1. Menggosok Gigi dengan Seksama

Menggosok gigi dengan sikat gigi yang baik serta pasta gigi ber-fluoride dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Gosoklah gigi dengan seksama, sehingga gigi Anda bebas dari sisa makanan. Tak perlu keras-keras saat menyikat gigi, yang penting semua kotoran dapat terangkat.

2. Pasta Gigi Ber-fluoride

Seperti yang telah disebutkan di atas, menggosok gigi dengan pasta gigi berfluoride adalah salah satu cara ampuh untuk mencegah karang gigi. KAndungan fluoride pada pasta gigi juga dapat mengikis karang gigi.

3. Makanlah Apel

Dengan memakan buah apel, karang gigi dapat berkurang. Vitamin C yang terkandung pada apel dapat membantu menghilangkan karang gigi membandel.

4. Bubuk Cengkeh

Gunakan bubuk cengkeh untuk menggosok karang gigi yang sulit dibersihkan. NAmun, sebaiknya Anda melakukannya dengan hati-hati supaya tidak melukai gusi.

5. Kurangi Konsumsi Gula dan Tepung

Makanan yang mengandung gula dan tepung dapat menyebabkan plak yang bisa memicu terjadinya pembentukan karang gigi. Oleh karena itu, kurangi konsumsi kedua bahan makanan ini supaya gigi Anda lebih sehat.

6. Kunjungi Dokter Gigi Secara Rutin

Dokter gigi dapat membantu Anda menghilangkan karang gigi membandel. Namun, alangkah baiknya jika Anda rutin memeriksakan gigi Anda ke dokter supaya jika ada kerusakan gigi dapat diatasi dengan segera.

Itulah cara mencegah dan menghilangkan karang gigi. Jagalah kebersihan gigi dan mulut supaya aktivitas Anda berjalan lancar. Semoga berhasil!

Leave a Comment