Tips Mencuci Baju Bayi Agar Aman dan Sehat

Mencuci pakaian bayi tentu tidak sama dengan mencuci pakaian orang dewasa. Diperlukan cara khusus untuk mencuci pakaian bayi supaya baju yang dipakai anak aman untuk kesehatannya. Hal ini dikarenakan kulit bayi sangat sensitif, jika ada bahan-bahan kimia yang terkandung dalam detergen, pewangi dan pelembut pakaian dapat membahayakan kesehatan bayi.

Berikut cara mencuci baju bayi yang baik agar aman bagi bayi:

1. Bersihkan dari Kotoran dan Noda

Sebelum mencuci baju, pisahkan pakaian yang terkena kotoran dan noda membandel. Kotoran seperti pup, pipis, dan bekas muntahan bayi harus dibuang dan dibersihkan terlebih dahulu dengan air mengalir supaya tidak mengotori pakaian yang lain.

2. Gunakan Detergen Khusus

Setelah kotoran dihilangkan, cucilah seluruh pakaian dengan menggunakan detergen khusus untuk pakaian bayi. Detergen yang dimaksud biasanya terdapat label yang menunjukkan bahwa detergen tersebut aman untuk pakaian bayi atau ramah lingkungan. Usahakan memilih detergen yang tidak mengandung pewarna dan parfum.

3. Kucek Perlahan

Baju bayi biasanya terbuat dari kain yang lembut. Kuceklah perlahan supaya baju tidak gampang rusak dan seratnya menjadi kasar. Baju yang kasar akan melukai kulit bayi.

4. Bilas Sampai Bersih

Untuk menghilangkan detergen yang tersisa, bilaslah baju bayi Anda dengan cermat. Ulangi beberapa kali dengan air mengalir supaya busa dan detergennya benar-benar hilang.

5. Berilah Pelembut Khusus Baju Bayi

Supaya baju terasa lembut, berilah pelembut khusus bayi. Usahakan tidak memakai pewangi karena rawan menimbulkan alergi.

6. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Sinar matahari dapat membantu membunuh kuman-kuman. Jangan lupa untuk membalik pakaian (bagian dalam berada di luar).

7. Setrika dengan Suhu yang Sesuai

Supaya baju bayi nampak rapi dan mudah disimpan, setrikalah baju bayi yang sudah kering dengan suhu yang sesuai (biasanya disebutkan pada label baju bayi).

Demikian cara merawat baju bayi Anda agar aman dipakai dan tentunya lebih awet. Selamat Mencoba!

Leave a Comment