Perkuat Daya Tahan dengan Buah dan Sayur

Perubahan cuaca sering membuat daya tahan tubuh atau sistem imun tubuh kita melemah. Daya tahan tubuh adalah kemampuan fisik untuk menangkal semua jenis kuman yang akan masuk ke dalam tubuh.Jika daya tahan tubuh kita melemah, tubuh kita akan mudah terserang berbagai penyakit. Dari mulai flu, batuk, pilek, diare, sampai penyakit yang membutuhkan istirahat total seperti typus, hepatitis dan sebagainya. Bahkan bisa jadi penyakit langka seperti Guillain Barre Syndrome (GBS) pun menyerang mereka yang daya tahan tubuhnya melemah.

Pada penyakit GBS, penderita akan mengalami serangkaian gejala yang menyerang saraf tepi secara mendadak. Pemicunya ialah peradangan (inflamasi). Akibatnya ia akan mengalami kelumpuhan mendadak yang memungkinkan berdampak kematian. Perawatan penderita GBS membutuhkan waktu berbulan – bulan dengan biaya yang tidak sedikit. Masih banyak penyakit lainnya yang dapat menyerang kita hanya gara- gara melemahnya sistem imun tubuh.

Namun jika daya tahan tubuh baik, tubuh akan selalu sehat. Daya tahan tubuh kita setiap waktu akan berubah- ubah, kadang kuat namun kadangkala melemah. Sebagai seorang aktifis dawah, kita dituntut untuk selalu sehat. Karena ternyata kewajiban dan amanah kita lebih banyak dari waktu yang tersedia. Tidak ada pilihan lain selain memiliki stamina yang selalu oke, serta pikiran dan hati yang fresh.

Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi, beraneka ragam dan seimbang. Selain itu Anda dapat juga memperbanyak mengkonsumsi bahan makanan yang bekerja secara spesifik meningkatkan sistem imun.

Bahan makanan tersebut adalah dari golongan buah dan sayur. Berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh:

Bahan makanan Kandungan
Golongan sayuran
Tomat Beta karoten, vitamin C, serta lycopene. Mengandung zat antkarsinogenik serta antioksidan.
Wortel Betakaroten, vitamin A, C, B1, B6 dan asam folat serta mineral potassium dan magnesium. Wortel pun mengandung serat.
Brokoli Kalsium pada brokoli sangat tinggi Vitamin A, C, Asam Pantotenat dan Asam Folat, Zat besi, Zink, Magnesium, Pospor dan Potassium, flavonid.
Bayam Vitamin C, betakaroten dan lutein. Paling kaya akan zat besi asam folat, kalium, kalsium, cholorofile, luthein.
Bokcoy (sawi Cina) Beta karoten, asam folat, vitamin C, kalium, chlorophyll, isothiocynates.
Golongan buah–buahan
Pisang Karbohidrat, magnesium, kalium. Fosfor, magnesium dan besi. Pro vitamnin A, vitamin B dan vitamin C.
Pepaya Betakaroten, vitamin C, crypthosanthin, dan caretinoid.
Jeruk Vitamin C, beta karoten, asam folat, vitamin C serta serat, beta chryptoxantine, hesperidins, limonene, zeaxantine.
Mangga Betakaroten, vitamin C, serat crypthoxantyne karotenoid
Jambu biji Kandungan vitamin C tertinggi terdapat pada jambu biji kalium, lycopene.
Apel Pro vitamin A, vitamin C dan vitamin B, mkalsium , fosfor, magnesium, kalium, zat besi dan seng serta tannin.
Semangka Kalsium, fosfor, pro vitamin A dan vitamin B.
Strawberry Kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng, pro vitamin A, vitamin C dan vitamin B.
Belimbing Kalsium, fosfor, kalium dan zat besi, vitamin C, provitamin A dan vitamin B.
Melon Kalsium, fosfor, kalium, provitamin A, vitamin C.

Sayuran dan buah – buahan dapat dikonsumsi secara langsung baik dalam keadaan mentah atau dijadikan lalapan (untuk sayuran). Anda dapat juga mengkonsumsi buah dan sayur dengan cara dijus.

Pembuatan jus dapat mencampurkan buah dan sayur atau aneka buah yang anda sukai atau bisa juga dengan mencampurkan sumber zat gizi lainnya seperti menambahkan susu sapi, susu kedelai, yoghurt, madu, coklat dan aneka bahan makanan lainnya yang dapat membuat jus lebih lezat.

Jus buah campur merupakan alternatif terbaik untuk mendapatkan suplementasi zat gizi secara optimal untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Nah kini saatnya anda mengganti soft drink dengan jus buah agar daya tahan tubuh kita tetap kuat. Sehingga terhindar dari gangguan penyakit.

Leave a Comment