Resep Alami Mengobati Masuk Angin

Dalan dunia kedokteran, sebenarnya tidak ada yang namanya penyakit masuk angin. Istilah masuk angin  hanya di kenal di daratan Asia seperti di Indonesia dan China.  Dalam bahasa China, dikenal istilah “cin fong” yang artinya kurang lebih sama dengan masuk angin.

Banyak penyebab masuk angin seperti cuaca dingin, kehujanan, terlalu lama di ruangan AC dan kelelahan. Penyakit masuk angin ditandai dengan gejala-gejala seperti pusing, pening, mual, kembung, sendawa, dan demam yang disertai flu. Masuk angin begitu populer di kalangan masyarakat indonesia, sampai-sampai ada obat herbal masuk angin dalam kemasan kusus untuk mengusir masuk angin ini.

Bagi Anda yang menderita masuk angin dapat mencoba resep alami berikut ini.

1. Ramuan Jahe

Didihkan 2-3 rimpang jahe dengan 2 gelas air, campur dengan sedikit gula aren. Minum saat masih hangat beberapa kali sehari untuk meredakan gejala masuk angin.

2. Ramuan Kencur dan Kapulaga

Rebus 25 gr kencur, 15 gr jahe, dan 3 butir kapulaga dengan 2 gelas air. Masak hingga  air tinggal 1 gelas. Diminum hangat-hangat.

3. Rebusan Daun Pepaya

Rebus 2 lembar daun pepaya dalam 400 cc air, biarkan airnya tinggal setengahnya kemudian minym hangat-hangat.

4. Ramuan Lidah Buaya

Siapkan 60 gram lidah buaya, 12 gr jahe, 20 gr kencur dan 20 gr temu lawak, rebus dengan air 2 gelas hingga bersisa 1 gelas. Minum selagi hangat.

Nah, itu tadi ramuan herbal alami untuk meringankan masuk angin. Kenakan pakaian hangat, oleskan minyak kayu putih, dan istirahatlah agar tubuh lekas pulih. Bila perlu, gosok dengan minyak angin (dikerok) untuk meringankan gejala masuk angin. Selamat mencoba!

Leave a Comment