Tips Merawat Koleksi Buku

Jika Anda suka membeli buku, tentu Anda punya koleksi buku yang cukup banyak di rumah. Buku biasanya disimpan di dalam rak. Lama tak dibaca kembali, membuat orang lupa untuk merawat koleksi buku yang dimiliki. Akibatnya, buku menjadi berdebu dan rusak. Untuk buku yang sering dibaca, akan labih mengenaskan lagi, karena sering dipegang dan dibuka. Salah dalam memperlakukan buku, buku-buku Anda akan lebih cepat rusak.

Lalu, bagaimana cara merawat buku yang baik? Simak tips berikut ini.

1. Menyampul buku

Sampullah buku yang baru dibuka dari plastiknya segera, agar buku bisa lebih awet kavernya. Gunakan sampul plastik bening yang cukup tebalnya, dan jangan diselotip. Cukup ditekuk dan ditindih dengan buku yang lebih berat beberapa saat. Kalau sampul sudah rusak, gantilah dengan sampul plastik yang baru.

2. Hindari paparan sinar matahari

Sinar matahari akan membuat buku melengkung dan pudar. Kertas akan berubah warna dan tulisan menjadi pudar.

3. Jangan melipat buku

Usahakan tidak melipat-lipat buku saat membacanya. Gunakan pembatas buku saat membaca. Jangan melipat cover buku saat membaca, posisikan buku terbuka dan peganglah di kedua bagian dengan cermat untuk membukanya.

4. Bersihkanrak buku secara teratur

Membersihkan rak buku bisa dilakukan setiap hari agar debu tidak menumpuk. Mengelap buku yang telah disampul juga bisa dilakukan untuk mengenyahkan debu-debu yang menempel.

5. Rotasi buku

Lakukan rotasi buku setiap dua minggu sekali agar buku mendapat angin segar dan tidak lembab. Keluarkan buku dari rak ata lemari dan angin-anginkan sejenak.

6. Jangan membiarkan buku terbuka

Jangan membiarkan buku Anda terbuka begitu saja karena berpotensi untuk terlipat, jatuh, bahkan terinjak hingga robek. Sayang sekali, bukan? Tutuplah buku setiap kali selesai membacanya.

7. Beri kapur barus

Letakkan kapur barus di sela-sela buku atau taburi buku dengan kapur barus yang telah dihancurkan agar terhindar dari rayap dan kutu buku.

Nah, mudah bukan? Selamat mencoba!

Leave a Comment