Susu atau Minuman Rasa Susu

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia dan manusia (manusia termasuk jenis mamalia). Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Bayi disini termasuk anak mamalia yang baru saja lahir. Bukan hanya bayi manusia.

Dari pengertian diatas dapat kita lihat bahwa penyebutan yang benar untuk minuman susu adalah yang hanya dihasilkan dari kelenjar susu mamalia. Hal ini akan menggeser pengertian yang ada dimasyarakat yang sudah terlanjur mengganggap banyak produk non susu sebagai susu. Misalnya, sari kedelai (biasa disebut susu kedelai), sari biji nangka (susu biji nangka). Produk-produk non susu yang kondisi fisiknya mirip susu ini adalah produk rasa susu, lebih tepat lagi kalau kita menyebutnya sari kedelai atau sari biji nangka.

Selain minuman rasa susu (sari biji-bijian), masyarakat juga mengenal istilah minuman berbasis susu. Ini berbeda lagi dengan minuman rasa susu. Minuman berbasih susu adalah adalah minuman yang bahan utamanya sebagian besar menggunakan susu. Jadi ada unsur susu dalam minuman tersebut. Masyarakat seringnya melihat istilah tersebut sama, jadi menganggap semua minuman yang mengandung susu adalah minuman berbasis susu, meskipun kandungan susu di dalamnya tidak besar.

Di dalam kategori pangan Badan POM disebutkan bahwa minuman yang mengandung susu (tidak lebih dari 5 persen) dihitung sebagai susu segar termasuk dalam kelompok minuman ringan tidak beralkohol. Produknya dinamakan minuman rasa susu.

Pada dasarnya minuman berbasis susu adalah semua minuman susu, baik tawar maupun berperisa, yang bahan baku utamanya susu (skim, rendah lemak,atau lemak penuh). Bahan baku susunya bisa berasal dari susu segar, susu rekonstitusi, susu rekombinasi, atau susu fermentasi. Berbagai macam rasa dikembangkan untuk membuat variasi susu agar tidak membosankan bagi konsumen. Tujuan lain dari variasi produk ini ada yang untuk menghilangkan intoleran terhadap laktosa susu.

Jadi, apa yang menemani sarapan anda pagi ini? Susu atau minuman rasa susu?

Leave a Comment