Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Durian

Durian adalah salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang nikmat. Tahukah Anda, buah durian memiliki segudang manfaat karena kandungan gizinya yang berlimpah. Apa saja kandungan nutrisi buah yang dijuluki “King Of Futit” ini? Simak ulasannya berikut ini.

Ada yang berpendapat bahwa buah durian mendatangkan berbagai macam penyakit seperti darah tinggi dan kolesterol. Pendapat ini tak sepenuhnya salah, karena memang ada sebagian orang yang berpantang makan durian. Namun, jika Anda tidak memiliki pantangan makan durian, inilah kandungan gizi yang bisa Anda dapatkan dari durian.

Kandungan Gizi Buah Durian

Seperti yang dikutip dari itd.unair.ac.id, durian mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium (Ca), fosfor (P), asam folat, magnesium (Mg), potasium/kalium (K), zat besi (Fe), zinc, mangaan (Mn), tembaga (Cu), karoten, vitamin C, thiamin, niacin, dan riboflavin. Karena sifatnya panas dan mengandung banyak gula, maka ibu hamil dan penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini.

Fosfor dan zat besi yang terkandung dalam buah durian ternyata 10 kali lebih banyak daripada buah pisang. Kandungan gizi tiap 100 gram buah durian adalah 67 gram air, 2,5 gram lemak, 28,3 gram karbohidrat, 1,4 gram serat, 2,5 gram protein, dan menghasilkan energi sebesar kurang lebih 520 kJ.

Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

1. Baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Durian mengandung kalium, potassium dan dan berbagai macam vitamin B, sehingga baik sekali untu menjaga kesehatan tulang dan persendian.

2. Sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C pada buah durian bisa mencapai 200 mg/100 gr daging buah. Kandungan vitamin C dalam durian dapat memperkuat kekebalan tubuh, sekaligus menghambat penuaan dini.

3. Mencegah depresi. Kandungan vitamin B6 pada durian dapat memicu serotonin dlam otak sehingga dapat mengurangi depresi dan memberi efek bahagia bagi yang memakannya.

4. Obat tidur alami. Durian mengandung asam amino esensial yakni triptofan yang dapat membuat tidur Anda menjadi nyenyak. Cocok untuk Anda yang menderita insomnia.

5. Tinggi serat. Durian mengandung serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk pencernaan.

Itulah kandungan gizi dan manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh Anda. Namun, sebaiknya Anda membatasi konsumsi durian 100-200 gram per hari agar tidak mengganggu kesehatan.

Leave a Comment