Tiga Manfaat Tersenyum

Sudah senyum hari ini? Senyum merupakan salah satu aktifitas positif yang mempunyai banyak khasiat. Selain untuk diri sendiri, sebuah senyuman tulus kepada orang lain akan membuat hubungan anda dengan orang lain menjadi lebih hangat.

Islam menempatkan senyum sebagai sebuah bentuk ibadah. Allah memberikan nilai sedekah pada senyum yang tulus kepada saudaranya. Bahkan karena manfaatnya, Allah sampai-sampai membenci orang-orang yang bermuka masam ketika bertemu saudaranya.

”Sesungguhnya Allah membenci orang-orang yang bermuka masam dihadapan saudara-saudaranya.(Hadits Riwayat Ad-Dailami)

Selain bernilai pahala disisi Allah SWT, senyum juga memberi manfaat bagi kesehatan.  Berikut ini tiga manfaat senyum bagi kesehatan:

Terlihat Awet Muda

Tua bukan satu hal yang bisa dihindari. Namun, menjadi terlihat awet muda bisa diusahakan. Salah satu cara untuk membuat wajah terlihat awet muda adalah sering tersenyum.Sebab pada saat tersenyum otot-otot wajah kita terangkat sehingga membuat wajah kita terasa lebih kencang.

Mengurangi Depresi

Senyum dapat membuat seseorang merasa rileks. Sehingga perasaan merasa tertekan (misalnya akibat pekerjaan) akan menjauh dengan sendirinya. Selain itu, semakin hangatnya hubungan dengan lingkungan sekitar akan membuat suasana terasa nyaman. Kondisi seperti ini akan membuat pikiran terasa ringan dan jauh dari rasa tertekan atau depresi.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Mengurangi Rasa Sakit

Pada saat tersenyum, tubuh akan memproduksi hormon endorfin.  Hormon endorfin merupakan hormon alami dari dalam tubuh yang mampu mengurangi rasa sakit.

Leave a Comment