Tips Mengatasi Kebiasaan Mendengkur Secara Alami

Mendengkur adalah salah satu gangguan tidur yang banyak diderita oleh orang-orang. Mendengkur dapat menurunkan kualitas tidur Anda, karena suplai oksigen ke otak berkurang sehingga saat bangun tidur Anda merasa lelah dan tidak segar.

Selain menyebabkan tubuh tidak segar, suara dengkuran juga membuat orang-orang di sekitarnya merasa terganggu. Alih-alih tidur nyenyak (seperti yang mendengkur), orang di sekitarnya menjadi tidak bisa tidur. Hal ini tentu merugikan banyak pihak.

Mendengkur dapat dikurangi dengan cara-cara tertentu. Berikut ini akan disajikan tips mengatasi kebiasaan mendengkur secara alami.

Posisi Tidur yang Benar

Tidur miring adalah posisi tidur yang baik untuk mengatasi dengkuran. Anda dapat mengikuti sunnah Rasulullah dengan tidur miring ke kanan. Tidur terlentang akan membuat lidah Anda jatuh ke tenggorokan sehingga menghambat jalan nafas Anda.

Pilih Bantal yang Baik

Kualitas sebuah bantal ternyata dapat memengaruhi kualitas tidur kita. Dengan memakai bantal yang baik, Anda akan terhindar dari mendengkur. Posisikan kepala Anda agak tinggi sehingga membantu Anda untuk tidak mendengkur.

Kurangi Berat Badan

Salah satu penyebab mendengkur adalah kelebihan berat badan (obesitas). Tubuh yang terlampau gemuk membuat leher menyempit sehingga keluar masuknya udara menjadi terganggu.

Mandi Air Panas

Jika Anda memiliki ganggan pernafasan seperti hidung tersumbat, ada baiknya Anda mandi air panas (hangat) untuk melegakan hidung Anda.

Minum Banyak Air Putih

Cairan/lendir di hidung dan saluran penafasan akan membuat Anda susah bernafas sehingga timbul dengkuran. Dengan meminum air putih sesuai anjuran, saluran napas Anda akan lebih lega.

Tidur Teratur

Jaga pola tidur anda agar teratur. Kebiasaan tidur tidak teratur dapat membuat Anda mendengkur dan mengurangi kualitas istirahat Anda,

Buka Saluran Napas

Sekarang ini banyak dijual alat anti dengkur yang fungsinya untuk membuka saluran napas. Anda dapat menggunakannya jika dengkuran Anda parah (terlalu keras).

Olahraga Teratur

Olahraga dapat membuat pernafasan Anda sehat dan berat badan Anda terjaga. Berolahraga teratur dapat mengurangi dengkuran secara signifikan.

Demikian tips untuk mengatasi kebiasaan mendengkur secara alami. Semoga bermanfaat dan Anda lekas sembuh dari kebiasaan mendengkur.

Leave a Comment