Tips Mengatasi Morning Sickness

Mendapatkan kepastian hamil dari dokter memang sebuah kabar yang menggembirakan. Apalagi bagi para pasangan muda yang belum lama menikah. Seolah menjadi embun manis saat masa bulan madu. Namun, kesenangan ini berselang tidak lama, sebab setelah ada kabar hamil, dapat dipastikan ‘kerepotan’ kecil mulai terjadi.

Mulai dari ngidam yang aneh-aneh, mual yang menghampiri setiap pagi, penciuman istri yang mendadak jadi sensitive dan lain sebagainya. Mual hingga muntah-muntah ini biasanya terjadi di trimester pertama kehamilan. Rasa tidak nyaman ini biasanya terasa sepanjang hari, tetapi paling parah terjadi pada pagi hari. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi morning sickness atau rasa tidak nyaman di pagi hari, antara lain:

1. Kurangi porsi makan. Biasanya ibu yang sedang hamil muda kehilangan nafsu makannya. Sebab itu, lebih baik makan sedikit namun sering, dari pada memaksa makanan untuk masuk ke dalam perut yang mual. Misalnya setiap 2 jam dengan porsi sedikit agar tidak kekenyangan dan lambung tidak kosong.

2. Siapkan makanan ringan seperti biskuit, cookies, buah segar/kering, dan minum. Letakkan ‘amunisi’ ini di tempat yang mudah terjangkau. Sehingga setiap waktu-waktu ingin mengkonsumsi, tidak kerepotan untuk mencari makanan.

3. Minum minuman penghilang nyeri. Seperti air jahe hangat, minuman lemon hangat, yoghurt, jus buah, dan smoothie .

4. Hindari masakan dengan bumbu yang menyengat. Pada saat hamil biasanya penciuman ibu menjadi sensitif. Sehingga agar tidak mudah mual, hindari makanan yang mengggunakan bumbu yang kuat.

Leave a Comment