Tips dan Cara Menghadapi Ujian Hidup dalam Islam, Kiat Sukses Menjalani Hidup

Ujian Hidup
http://www.motivasi-islami.com/

Setiap insan di dunia ini pasti memiliki yang namanya ujian hidup. Entah dia adalah orang yang kaya ataupun orang yang miskin. Orang kaya ujian hidupnya adalah bagaimana caranya ia menggunakan harta tersebut untuk kebaikan. Sedangkan orang miskin ujian hidupnya adalah bagaimana caranya untuk sabar dan terus berikhtiar kepada Allah swt.

Lantas apa tujuannya Allah swt memberikan ujian hidup kepada kita ? Sama halnya seperti pendidikan di Indonesia. Sebelum kita naik ke tingkatan yang lebih tinggi, maka kita harus melalalui yang namanya tes atau ujian. Nah itulah yang akan menentukan kita apakah kita akan naik atau tidak.

Begitulah Allah swt akan menaikan derajat kita melalui ujian hidup. Cobaan atau ujian hidup adalah bagian dari hidup kita dan pasti selalu ada hikmah dibalik itu semua. Dalam artikel ini kita akan coba mengulas bagaimana caranya menjalani ujian hidup dalam islam.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan yakin, yakinlah bahwa setiap ujian yang kita dapatkan pasti ada hikmahnya. Paling tidak bisa mengupgrade diri kita ke arah yang lebih baik lagi.

Sesuai dengan firman Allah swt :

“kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana), dan mengerjakan amal-amal saleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar”. (QS.11:11)

“Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yang baik-baik dan (bencana) yang buruk-buruk, agar mereka kembali (kepada kebenaran)”.  (QS .7.168)

Selain itu, ada beberapa hadist yang berkaitan dengan ujian hidup. Salah satunya adalah dibawah ini :

“Barangsiapa dikehendaki Allah kebaikan baginya, maka dia diuji (dicoba dengan suatu musibah)”. (HR Bukhari)

“Tiada seorang muslim tertusuk duri atau lebih dari itu, kecuali Allah mencatat baginya kebaikan dan menghapus darinya dari dosa”. (HR Bukhari)

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi cobaan yang Allah swt berikan kepada kamu :

1. Yakin Sanggup

Sesuai dengan firman Allah swt :

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya”.(QS.2:286)

“Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan”. (QS.65:7)

Dari firman Allah swt tersebut kita harus yakin bahwa setiap ujian yang Allah berikan kepada kita sesuai dengan kadar kemampuan yang kita miliki. Jika kita merasa tidak sanggup untuk menghadapi ujian tersebut, maka kita harus mengevaluasi diri kita dan harus berusaha untuk meningkatkan kualitas diri kita.

Keyakinan diri bahwa kita bisa menghadapi ujian yang diberikan oleh Allah swt, akan membuat diri kita tidak mudah menyerah. Sehingga kita akan selalu mengambil tindakan untuk selalu memperbaiki diri dan mencari solusi yang sekiranya kita dapat melakukannya. Yakinlah kita bisa, Allah selalu bersama kita !

2. Yang Kita Benci Bisa Jadi Baik untuk Kita

Sesuai dengan firman Allah swt :

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS2.216)

Kita harus selalu yakin, bahwa Allah swt akan memberikan yang terbaik untuk kita. Entah itu yang berkaitan dengan rezeki, jodoh ataupun yang lainnya. Dari ayat diatas dapat kita simpulkan bahwa yang menurut kita buruk, namun itu yang terbaik untuk kita. Maka kita harus selalu berdoa kepada Allah swt untuk meminta petunjuk. Karena kita mungkin tidak mengetahuinya, akan tetapi Allah swt Maha Mengetahui.

Jadi kita harus berprasangka baik bahwa apa yang terjadi saat ini adalah untuk kebaikan kita sendiri. Karena Allah swt Maha Penayayang.

 

Leave a Comment