Waspadai Contoh Minum Menggunakan Tangan Kiri dari Televisi

Pernah menonton televisi bersama anak-anak di rumah? Apakah menyadari bahwa akhir-akhir ini banyak iklan minuman yang mencotohkan minum dengan tangan kiri? Bukan hanya satu atau dua merk minuman saja. Bahkan ada beberapa merk yang mencontohkan cara minum menggunakan tangan kiri sambil berdiri.

Bagi kita sebagai muslim dan sudah menjadi orang tua, tentu hal ini harus diperhatikan. Terlebih iklan-iklan ini muncul di jam bebas. Bukan seperti iklan rokok yang hanya muncul setelah jam 21.00 WIB. Bukan hanya itu, ada juga iklan minuman ini yang dibintangi oleh anak kecil. Sehingga ini bisa jadi visualisasi yang kurang baik bagi anak-anak.

Dalam islam jelas mengatur tatacara minum, yaitu menggunakan tangan kanan, duduk, dan diawali dengan bismillah. Beberapa hadits ada yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW pernah minum sambil berdiri, namun kesepakatan ulama secara luas, cara minum yang dianjurkan adalah sambil duduk.

Dari segi kesehatan pun minum dengan duduk terdapat kelebihan tersendiri dibandingkan sambil berdiri. Pada saat duduk, ada sejenis penyaring yang menutup di bagian kerongkongan manusia. Sehingga apa yang kita minum disaring dulu oleh tubuh. Saat posisi berdiri, penyaring ini terbuka sehingga semua yang kita minum langsung masuk ke dalam tubuh.

Munculnya fenomena iklan minum sambil berdiri dan menggunakan tangan kiri ini harus kita waspadai. Sebab tanpa kita sadari, anak-anak bisa dengan mudah mengmabil contoh yang tidak baik tanpa kita ketahui.

Akan lebih baik bila selama menonton televisi anak-anak selalu didampingi oleh orang tua. Sehingga apabila muncul iklan atau adegan yang kurang pas, orang tua bisa langsung menunjukkan kepada anak, bahwa itu salah dan memberi contoh bagaimana yang benar.

Leave a Comment