Bahaya Dosa Syirik yang Harus Kita Hindari

Tuesday, 31 January 2017 (9:12 pm) / Aqidah

Bahaya Syirik ~ez_ndash~ Syirik adalah menyekutukan Allah dan merupakan dosa yang paling besar disisi Allah, namun syirik bukan hanya ketika seseorang menyembah berhala atau menyembah selain Allah, makna kesyirikan lebih luas dari itu. Dalam masalah ibadah misalnya, ketika suatu Ibadah dipalingkan kepada selain Allah, maka itu pun sudah termasuk syirik.

Syirik dibagi menjadi dua bagian, yakni syirik besar dan syirik kecil. Syirik besar adalah mengalihkan ibadah kepada selain Allah, seperti misalnya menyembelih kepada selain Allah. menyembelih asalnya adalah ibadah. Namun bila hal tersebut dialihkan untuk kuburan, pohon, sesajen, ataupun berdo~ez_rsquo~a, meminta pada kuburan dan lainnya, itu adalah syirik besar.

Sedangkan syirik kecil adalah riya, Contohnya adalah ketika seorang shalat, Namun ditengah jalan dia melihat seseorang di sampingnya, kemudian dia secara sengaja memperlama sujud atau melakukan hal lainnya agar ia dipuji orang tersebut. Hal demikian ketika niat ibadahnya berubah yang awalnya untuk Allah, namun kemudian berubah niat ibadahnya untuk orang tersebut. Maka itu digolongkan sebagai syirik kecil.

Sebagaimana terdapat dalam sebuah Hadits:

ع

privacy policy