Manfaat Madu Asli untuk Kesehatan Tubuh
Friday, 7 August 2015 (9:06 am) / Kesehatan
honey.com

Makanan dan minuman yang di ciptakan oleh Allah pasti memiliki manfaat, seperti halnya madu. Madu diciptakan oleh Allah dari seekor lebah kecil yang mengumpulkan nektar dari bunga. Seperti yang difirmankan Allah dalam surat An Nahl ayat 68-69.

“Dan Tuhanmu mewahyukan (mengilhamkan) kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia (peternakan lebah). Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”

Dalam ayat di atas disebutkan bahwa Allah memerintahkan lebah untuk membuat sarang dan mencari makan. Kemudian dari lebah keluar cairan yang disebut sebagai madu.

Ayat di atas juga menerangkan bahwa madu berguna sebagai obat bagi manusia. Di zaman modern seperti sekarang ini, sudah banyak yang meneliti tentang madu, apa saja kandungan, manfaat dan khasiat dari madu.

Dari berbagai penelitian yang ada, masyarakat sudah lama memanfaatkan madu. Berikut beberapa manfaat dari madu asli.

1. Obat Sakit Perut

Ada sebuah hadist shahih yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

الثَّانِيَة فَقَالَ: اسْقِهِ عَسَلاً. ثُمَّ أَتَاهُ الثَّالِثَة فَقَالَ: اسْقِهِ عَسَلاً. ثُمَّ أَتَاهُ فَقَالَ: فَعَلْتُ. فَقَالَ: صَدَقَ اللهُ وَكَذَبَ بَطْنُ أَخِيْكَ، اسْقِهِ عَسْلاً. فَسَقَاهُ فَبَرَأَ

“Ada seseorang menghadap Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata: ‘Saudaraku mengeluhkan sakit pada perutnya.’

Nabi berkata: ‘Minumkan ia madu.’

Kemudian orang itu datang untuk kedua kalinya,

Nabi berkata: ‘Minumkan ia madu.’

Orang itu datang lagi pada kali yang ketiga,

Nabi tetap berkata: ‘Minumkan ia madu.’ Setelah itu, orang itu datang lagi dan menyatakan: ‘Aku telah melakukannya (namun belum sembuh juga malah bertambah mencret).’

Nabi bersabda: ‘Allah Maha Benar dan perut saudaramu itu dusta. Minumkan lagi madu.’

Orang itu meminumkannya lagi, maka saudaranya pun sembuh.” (HR. Al-Bukhari no. 5684 dan Muslim no. 5731)

2. Obat Luka

Di dalam madu, terdapat enzim yang dapat memcah glukosa pada madu menjadi hidrogen peroksida. Zat ini merupakan antiseptik yang sangat kuat. Sehingga madu dapat digunakan untuk mengobati luka karena memiliki enzim yang dapat menghasilkan zat antiseptik.

3. Merupakan Antioksidan yang Kuat

Manfaat madu yang lain adalah kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Antioksidan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Jika terbebas dari radikal bebas, maka tubuh akan tahan terhadap penyakit dan dapat membuat terlihat awet muda.

4. Menjaga Kesehatan Rambut

Masalah rambut seperti ketombe, kutu, rambut pecah-pecah dan lainnya dapat dihilangkan dengan madu. Caranya adalah campurkan madu dan air hangat dengan perbandingan 9:1. Oleskan pada kepala dan rambut, kemudian urut perlahan selama 2-3 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih.

5. Sumber Nutrisi Lengkap

Di dalam madu, terkandung berbagai macam zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Zat tersebut antara lain niacin, asam pantotenat, riboflavin, tembaga, kalsium, besi, fosfor, magnesium, kalium, mangan dan seng.

Dengan kandungan gizi yang lengkap tersebut, akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Tubuh akan menjadi lebih sehat dalam jangka panjang jika madu dikonsumsi secara terus-menerus.

Redaktur: Fikri Fathoni

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2018 Designed & Developed by Ibrahim Vatih