Manfaat Puasa Daud Untuk Kesehatan
Friday, 7 August 2015 (9:07 pm) / Kesehatan, Uncategorized
siramanqholbu.blogspot.com

Apa itu Puasa Daud? Puasa Daud merupakan salah satu ibadah puasa yang paling disukai oleh Allah. Dari Abdullah bin Amr bin Al’ash, ia berkata bahwa Rasulullah S.A.W mengatakan padanya.

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا
“Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” [HR. Bukhari no. 1131].

Puasa Daud adalah puasa yang biasa dilakukan oleh Nabi Daud AS dengan cara sehari berpuasa dan sehari berbuka. Dari study yang dilakukan oleh beberapa pakar kesehatan banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh orang yang menjalankan puasa Daud secara konsisten. beberapa manfaat Puasa Daud diantaranya:

Meningkatkan sistem Imune

Salah satu manfaat dari berpuasa Menurut Riyad Albiby dan Ahmed Ekadi adalah meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit karena fungsi sel limfa menunjukkan peningkatan dalam produksi sel limmfosit T.

Lebih Awet Muda

Menurut Dr. Yuri Nikolayev, aktivitas puasa yang dilakukan secara konsisten mempunyai khasiat membuat seseorang menjadi lebih awet muda secara fisik, mental dan spiritualnya.

Kesehatan mental

Selain itu, menurut Allan Cott, puasa disini memiliki khasiat / manfaat terhadap pengaruh fisik,dan mental menjadi lebih baik. Membersihkan badan, menurunkan tekanan darah dan kadar lemak. Mengendorkan ketegangan jiwa, Menajamkan fungsi indrawi, dan memperlambat proses penuaan dini.

Mencegah resiko penyakit jantung

Dan Yang terakhir berdasarkan pendapat Jalal Saour, dimana ketika berpuasa dikarenakan berkurang cairan dalam tubuh, akan mampu menurunkan kerja jantung, dan disini mencegah penggumpalan darah sebagai salah satu penyebab penyakit jantung.

Detoksifikasi alami

Menjalankan puasa, apalagi puasa Daud secara istiqomah akan membuat tubuh melakukan detoksifikasi (mengeluarkan kotoran , racun dari dalam tubuh) secara alami , meremajakan sel-sel yang mati, dan mengganti sel-sel yang rusak dengan sel-sel yang baru.

Mempertajam perasaan

Selain itu, ketika kita menjalankan puasa Daud, dengan asumsi secara jangka waktu dan proses puasa Daud yang seperti itu, akan mempengaruhu perasaan kita. Percaya atau tidak dengan menjalankan puasa Daud, perasaan kita akan semakin tajam, selalu mawas diri dan terlindung dari segala kejahatan.

Menentramkan Jiwa

Jiwa merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu dengan berpuasa Daud dengan keikhlasan maka hati dan jiwanya akan tenang, karena merasa dekat dengan Allah.

Redaktur: Into

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2018 Designed & Developed by Ibrahim Vatih