Melibatkan Allah dalam Berbisnis
Thursday, 18 December 2014 (3:24 pm) / Ekonomi & Bisnis
abimurti.wordpress.com

Berbisnis atau perdagangan adalah 9 jalan rezeki yang telah Allah sediakan untuk kita semua. Siapa yang ingin menapaki jalan ini tentunya Allah sudah menyiapkan rezeki berlimpah untuknya seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw. Kunci utama untuk meraih kesuksesan bisnis adalah dengan sellau melibatkan Allah dalam berbisnis. Bisnis yang melibatkan Allah Saw dijamin menguntungkan dan membawa keberkahan.

Bagaimana cara melibatkan Allah dalam berbisnis?

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Barangsiapa yang membantu menghilangkan satu kesedihan (kesusahan) dari sebagian banyak kesusahan orang mukmin ketika didunia maka Allah akan menghilangkan satu kesusahan (kesedihan) dari sekian banyak kesusahan dirinya pada hari kiamat kelak.

Dan barangsiapa yang memberikan kemudahan (membantu) kepada orang yang kesusahan, niscaya Allah akan membantu memudahkan urusannya didunia dan di akhirat.

Dan barangsiapa yang menutup aib orang muslim , niscaya Allah akan menutup aibnya dunia dan akhirat.

Sesungguhnya Allah akan selalu menolong seorang hamba selama dia gemar menolong saudaranya. (HR. Muslim)

Benahilah niat bebisnis dengan niat untuk menolong orang lain. Bisnis yang berkah adalah bisnis yang bisa memberikan solusi bagi orang lain, baik untuk konsumen, karyawan, rekan, dan tentu diri kita sendiri. Dengan membangun sebuah bisnis, maka kita bisa membantu konsumen untuk mendapatkan barang dan jasa yang kita sediakan. Dengan berbisnis, kita dapat membuka jalan rezeki bagi karyawan yang membantu usaha kita. Dan dengan berbisnis pula kita dapat menggerakkan sendi-sendi perekonomian dengan bekerjasama dengan para supplier bahan baku, dan para reseller. Bisnis dapat menjadi sumber rezeki yang besar bagi yang mau menjalankannya.

Niat yang tulus untuk menolong orang lain akan mendapat keridhaan Allah Swt. Bisnis yang dijalankan dengan baik, sesuai dengan syari’at bermuamalah akan mendatangkan rahmat dan rizqi dari Allah SWT. Itulah mengapa, setiap bisnis hendaknya dijalankan dengan melibatkan Allah SWT. Sikap-sikap terpuji seperti jujur dan adil dalam bisnis harus dimiliki oleh semua pengusaha muslim.

Berbisnislah dengan rasa takut, takut jika Allah tidak ridha dengan apa yang kita jalankan. Berdoalah agar apa yang kita usahakan mendapat keberkahan dan memberikan manfaat yang besar bagi orang lain. Insya Allah, kita akan mendapat pertolongan dan petunjuk dari Allah Swt.

Redaktur: Indriani Taslim

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2017 Designed & Developed by Ibrahim Vatih