Sunnah Puasa yang Dapat Menambah Pahala Puasa mu

Monday, 13 February 2017 (8:24 am) / Ibadah

Sunnah Puasa – Puasa adalah suatu amalan yang penting bagi seorang muslim. Bukan hanya puasa ramadhan, tapi puasa-puasa sunnah seperti puasa senin-kamis dan puasa daud pun penting bagi seorang muslim.

Karena dengan berpuasa kita menjadi seseorang yang selalu menjaga diri dan menjadi orang yang lebih sabar. Selain itu puasa sunnah pahalanya juga tidak kalah dengan puasa ramadhan.

Tetapi untuk mendapatkan kelebihan saat berpuasa, ada beberapa amalan sunnah yang kita bisa kerjakan. Amalan sunnah ini pun tidak sulit untuk dikerjakan. Karena amalan-amalan ini sangat umum dikerjakan, tetapi terkadang banyak orang yang menganggap remeh amalan ini.

Berikut ini adalah amalan sunnah puasa yang bisa kamu kerjakan.

Melaksanakan Sahur

Apabila kamu puasa pastinya kamu akan sahur. Amalan ini sudah sangat umum, bahkan jarang ada orang yang berpuasa tanpa melaksanakan sahur. Walaupun amalan ini mudah dikerjakan dan juga sudah umum, tetapi ternyata amalan ini adalah amalan sunnah yang menambah pahala kita.

Dan amalan ini juga memiliki dalil sendiri. Berikut ini adalah dalil untuk melaksanakan sahur :

تَسَحَّرُوْا فَإِنَّ فِى السَّحُرِ بَرَكَةٌ – الشيخان –

Artinya : “Makan sahurlah karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah” (HR.Bukhari dan Muslim)

Menyegerakan Berbuka Puasa

Nah apabila yang pertama adalah amalan sahur, yang kedua adalah amalan berbuka puasa. Masih banyak orang yang tidak tahu bahwa menyegerakan berbuka puasa adalah sunnah yang diajarkan oleh rasul.

Dan saat ini masih banyak orang yang meremehkan amalan ini, sehingga terkadang ada orang yang tidak menyegerakan berbuka dengan alasan mereka sedang ada kerjaan lain. Padahal seharusnya urusan akhirat pertama dan urusan dunia adalah yang kedua.

Dalil untuk amalan ini adalah :

لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوْا الْفِطْرَ – رواه الشيخان

Artinya : “Manusia akan senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari Muslim)

Memberikan Makanan Untuk Berbuka Puasa

Ini adalah amalan yang biasa orang-orang selanggarakan dalam acara ta’jil on the road. Amalan ini adalah amalan yang memiliki keutamaan tersendiri. Maka dari itu banyak orang yang melaksanakannya saat ini.

Setiap bulan puasa pastinya banyak orang yang membuat acara ta’jil on the road ataupun sahur on the road untuk orang-orang yang pergi dan pulang disaat sahur dan juga berbuka puasa.

Pahala bagi orang yang memberikan makanan untuk berbuka puasa adalah sama dengan pahala orang yang sedang berpuasa. Jadi apabila kamu sedang berpuasa dan memberikan orang makanan untuk berbuka, maka pahala puasa mu menjadi 2 kali lipat.

Berikut ini adalah hadist yang menjelaskan tentang amalan ini :

مَنْ فَطَرَ صَائِمًا فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ وَلَا يَنْقُصُ مِنْ اَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئٌ – صحيح النسائى و الترمذى

Artinya : “Barang siapa yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka pahala baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa tersebut.” (Shohih Nasa;i dan Tarmidzi)

Itu dia amalan-amalan sunnah puasa yang bisa kamu kerjakan. Tidak sulit bukan? apabila kamu mengerjakan semua amalan tersebut, insya Allah pahala-mu akan ditambah oleh Allah SWT dan dosa-mu diampuni olehnya.

Sebenarnya masih ada amalan lainnya yang bisa kamu kerjakan saat puasa ramadhan seperti sholat tarawih, umrah, berdakwah dan membaca al-qur’an. Tetapi kali kita hanya membahas amalan yang umum dikerjakan saat berpuasa wajib ataupun sunnah.

Insya allah ilmu ini menjadi berkah nantinya dan bisa menjadi pahala kita nantinya saat diakhirat nantinya.

Redaktur: Abdullah Istiqomah

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2017 Designed & Developed by Ibrahim Vatih