Posisi Tangan Berdoa, Bagaimana Tuntunan dan Adabnya?

Monday, 2 January 2017 (8:09 am) / Doa dan Dzikir

Tangan Berdoa ~ez_ndash~ Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh, Semoga kita semua selalu alam lindungan dan kasih sayang ~ez_ndash~ NYA. Mungkin kita sering melihat dan mempraktekkan mengangkat tangan pada saat berdoa dalam setiap kali berdoa, namun tahukah kalian tuntunan dan dasar dari amalan tersebut? Tentu dalam melakukan setiap amalan, kita harus mengetahui dasar-dasarnya agar sesuai dengan tuntunan.

tangan berdoa

http://www.kabarmakkah.com/

Sekarang pertanyaanya, apakah posisi tangan berdoa ada tuntunannya ? Kali ini akan kita bahas dengan mendalam bagaimana dasar tuntunan amalan yang satu ini.

Posisi Tangan Berdoa

Islam memiliki cara dan adab tersendiri dalam melakukan doa yang tentu berbeda dengan agama lainnya.┬ Cara berdoa seorang muslim diidentikkan dengan menadahkan tangan ke langit seolah-olah orang yang meminta. Mungkin kita hanya mengikuti tanpa tahu asal usul dan tuntunan Identitas tersebut. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahuinya, berikut pembahasannya :

Menurut Syeikh Ibnu al Utsaimin, beliau mengatakan bahwa mengangkat kedua tangan saat berdoa ada tiga macam, sesuai dengan kondisi dan tuntunannya:

1. Tangan Beroda yang di Sunnah kan Nabi Muhammad SAW

Ada beberapa kondisi yang manan disunnahkan mengangkat kedua tangan sesuai dengan hadist Rasul SAW, ┬ yaitu seperti :

tangan berdoa

tinypic.com

1. Pada saat Berdoa meminta diturunkan hujan, apabila seseorang meminta hujan didalam khutbah shalat jum~ez_rsquo~at atau khutbah shalat istisqa maka hendaklah dia mengangkat kedua tangannya.

doa untuk orang berangkat umroh

2. Mengangkat kedua tangannya pada saat ibadah haji. Yaitu di Shafa dan di Marwah , mengangkat kedua tangannya di Arafah ketika berdoa, mengangkat kedua tangannya ketika jumrah ~ez_lsquo~ula di hari-hari tasriq dan jumrah wustha .

┬ Kedua hal ini ┬ tidak disangsikan lagi bahwa seorang mengangkat kedua tangannya berdasarkan sunnah yang diajarkan nabi.

2. Tidak Mengangkat Kedua Tangan Sebagaimana didalam Sunnah

Ada pula adab doa yang menuntun untuk tidak mengangkat tangan pada bedoa, seperti : pada saat berdoa di saat shalat. Sesungguhnya dalam sholat Nabi saw berdoa :

ěž┘~ez_bdquo~┘~ez_bdquo~┘~ez_lsquo~┘

privacy policy