Tips Membuka Bisnis di Rumah
Tuesday, 17 February 2015 (3:35 pm) / Ekonomi & Bisnis
Berbisnis di Rumah/tipspedia.web.id

Bagi yang ingin memeroleh penghasilan dari rumah, salah satu caranya adalh dengan berbisnis atau berdagang. Berbisnis dari rumah memiliki keunggulan, karena tidak perlu bekerja dengan ikatan jam tertentu, dan tidak perlu keluar rumah. Kecuali bisnis online, yang mengharuskan kita mengantar paket ke ekspedisi.

Namun, ada saja kendala yang dikeluhkan oleh para pemula dalam mengelola bisnis dari rumah. Alasan klasik seperti tidak ada modal kini tidak lagi menjadi masalah besar, karena ada pula bisnis yang bermodal minim. Saat ini di internet bertebaran peluang usaha yang modal awalnya tidak terlalu besar. Asalkan ada kemauan, maka apapun barang yang dijual akan mendatangkan rezeki. Syaratnya hanya konsisten dan dan mau berproses.

Berikut ini ada tips berbisnis di rumah yang bisa Anda simak.

1. Niat Karena Allah

Niatkan bisnis yang Anda tekuni sebagai jalan untuk meraih ridho Allah SWT. Dengan berdagang, Anda dapat memeroleh keuntungan halal yang dapat Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Tentukan Barang yang Akan Dijual

Menentukan barang yang akan dijual penting sekali bagi pemula. Apalagi dengan modal pas-pasan, jangan sampai salah memilih barang. Jika tidak bisa menjual, maka stoknya akan menumpuk di rumah dan modal tak kembali. Akibatnya, semangat berbisnis bisa memudar.

3. Media Berjualan

Saat ini yang ngetren adalah bisnis melalui pemasaran online. Oleh karena itu, cobalah untuk merambah bisnis online supaya usaha Anda dapat berkembang dengan cepat dan dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi. Manfaatkan gadget seperti smartphone dan Blackberry untuk memudahkan Anda berjualan.

4. Konsisten

Setiap usaha memerlukan konsistensi saat menjalankannya. Jika Anda sudah mantap untuk berjualan baju dan jilbab, usahakan barang dagangan Anda yang ada hubungannya dengan kedua jenis barang tadi. Hal ini supaya bisnis Anda lebih terarah/fokus dan modalnya tidak terpecah-pecah. Orang juga akan lebih mudah mengenali Anda sebagai pedagang baju dan jilbab.

5. Ramah Kepada Pelanggan

Melayani pelanggan dengan ramah juga menjadi cara agar bisnis Anda bisa bertahan. Jika ada pembeli datang ke rumah atau menghubungi Anda lewat pesan, layani pelanggan dengan sebaik-baiknya. Pelayanan yang ramah akan membuat Anda dikenal sebagai pedagang yang menyenangkan sehingga pelanggan mau melakukan pembelian berikutnya di toko Anda. Jika Anda galak pada pelanggan, jangan salahkan mereka jika pelanggan kabur.

6. Kelola Keuangan Secara Profesional

Meskipun hanya di rumah, pengelolaan keuangan bisnis juga harus profesional. Pisahkan uang bisnis dan uang pribadi supaya lebih mudah dalam mengaturnya. Buat pembukuan sederhana yang dapat memudahkan Anda untuk menghitung keuangan bisnis dan mengetahui apakah bisnis Anda untung atau merugi.

Demikian tips untuk berbisnis di rumah. Bisnis apapun jika di geluti dengan sabar dan tekun akan menghasilkan. Jadi, jangan takut untuk berbisnis. Berdoalah kepada Allah agar usaha Anda lancar. Insya Allah bisnis Anda akan berkah.

Redaktur: Indriani Taslim

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2017 Designed & Developed by Ibrahim Vatih