5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka seperti cacar, lecet, bekas jerawat, dan luka teriris benda tajam dapat berpengaruh pada tingkat percaya diri seseorang. Apalagi jika bekas luka tersebut berada pada bagian-bagian tubuh yang mudah terlihat.

Jika tidak dirawat dengan benar, maka bekas luka tersebut akan menjadi bekas luka yang permanen alias tidak bisa dihilangkan (keloid). Bekas luka sering kali menjadi perhatian khusus. Berbagai macam cara ditempuh agar bisa menghilangkan bekas luka tersebut.

Ada yang memilih cara modern seperti operasi plastik dan laser. Namun, bagi Anda yang ingin menghilangkan bekas luka dengan cara alami, maka dapat menggunakan bahan-bahan alami berikut ini.

Madu

MAdu memiliki khasiat untuk mendinginkan luka, mengurangi nyeri, dan merangsang pergantian sel lebih cepat. Agar lebih mujarab, gunakan madu alami dari alam. Oleskan ke bagian tubuh yang terdapat luka secara teratur agar luka berangsur menghilang.

Lidah Buaya

Lendir yang terdapat pada daging lidah buaya mengandung antiradang yang dapat menyembuhkan bekas luka. Zat lignin dan asam amino-nya berfungsi sebagai pelembab dan meregenerasi kulit yang rusak. NAmun, brhati-hatilah agar getahnya tidak ikut teroles karena dapat membuat kulit menjadi gatal.

Mentimun

Mentimun dikenal sebagai buah dengan kandungan air yang tinggi. mentimun dapat menyegarkan kulit. Joel Schlessinger,MD, ahli kulit dari Omaha, Nebraska, menyatakan bahwa mentimun juga mempunyai kandungan silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Untuk perawatan bekas luka, haluskan mentimun dengan cara diparut atau diblender. Kemudian olekan pada bekas luka dan diamkan selama semalam.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang lebih hebat dari vitamin E. Selain diminum, teh hijau juga dijadikan toner kulit untuk menyamarkan bekas luka dan bekas jerawat.

Daun Pare

Daun buah yang berasa pahit ini dapat dijadikan obat untuk menyamarkan bekas luka. Caranya, ambil segenggam daun pare. Cuci bersih dan remas-remas. Kemudian campur denga segenggam air hangat. Campurkan dua sendok makan tepung beras sehingga teksturnya seperti lotoin. Gunakan sebagai masker pada bagian kulit yang terdapat bekas luka. Biarkan hingga mengering dan bilas dengan air.

Itulah 5 bahan alami untuk menghilangkan bekas luka. Tentunya dengan bahan alami tidak menimbulkan efek samping dibandingkan memakai obat-obatan kimia. Selamat mencoba!

Leave a Comment