7 Manfaat Buah Kiwi yang Penting untuk Diketahui

Buah kiwi merupakan salah satu buah yang jarang dikonsumsi oleh orang Indonesia. Buah ini sering dianggap buah mewah karena harganya yang mahal. Makanya, buah ini kurang populer sebagai buah yag dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat Indonesia.

Buah yang aslinya berasal dari china ini diperkenalkan di Selandia Baru tahun 1906. Kemudian buah ini dibudidayakan hingga orang-orang mengenalnya sebagai buah yang berasal dari Selandia Baru. Buah ini biasanya diimpor dari negara tersebut. Oleh karena itu, harganya menjadi mahal.

Sebenarnya, banyak manfaat yang dikandung dari buah berkulit cokelat dan berbulu ini. Tahukah Anda jika kiwi adalah sumber vitamin C yang lebih banyak dari jeruk? Kandungan vitamin C dalam kiwi memang yang tertinggi di antara buah-buahan yang lain. Hal ini menjadikan kiwi kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Kandungan nutrisi dalam kiwi antara lain vitamin C, vitamin E, flavonoid, kalium, magnesium, zinc, betakaroten, asam folat dan betakaroten. Kiwi mengandung antioksidean yang dapat menangkal radikal bebas yang menerpa tubuh Anda.

Ada 7 Manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh Anda yang cukup penting anda ketahui. Berikut ulasannya.

1. Mencegah Kanker

Kandungan yang terdapat pada kiwi dapat memperbaiki struktur DNA sehingga dpat menghambat pertumbuhan sel kanker. Mengonsumsi kiwi emas setiap hari akan melindungi sel-sel Anda dari serangan kanker berbahaya.

2. Sumber Asam Folat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil maupun calon ibu yang sedang merencanakan kehamilan dapat memenuhi kebutuhan akan asam folat sdari buah kiwi. KAndungan asam folat dalam kiwi cukup tinggi, sehingga dapat membantu perkembangan kesehatan janin dalam kandungan dan mencegah bayi lahir cacat.

3. Melindungi Kerja Jantung

Universitas Oslo Norwegia melaporkan hasil penelitian bahwa mengonsumsi dua hingga tiga buah kiwi setiap hari akan membuat peredadan darah menuju jantung menjadi lancar. Kiwi bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah sehingga dapat melindungi kerja jantung.

4. Menghaluskan Kulit

Seperti yang telah disinggung buah kiwi merupakan sumber vitamin C yang sangat tingi. Vitamin C berguna untuk menghaluskan kulit dan membantu menjaga kekebalan tubuh.

5. Melindungi Kesehatan Mata

Kandungan karotenoid dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda dari kerusakan serta mencegah katarak.

6. Menurunkan Hipertensi

Selain pisang, buah kiwi kaya akan kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu kalium juga berperan penting untuk melancarakan gerakan otot, menyehatkan sistem saraf dan menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

7. Baik untuk Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah kiwi dapat melancarkan sistem pencernaan dan membersihkan organ pencernaan. Kiwi juga mendorong pertumbuhan bakteri baik yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

Itulah 7 manfaat buah kiwi yang penting untuk diketahui. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi buah kiwi. Buah ini dijual di supermarket dan toko-toko buah. Bentuknya mirip sawo, namun daging buahnya berwarna hijau terang atau kuning keemasan. Selamat mencoba!

Leave a Comment