Tata Cara Berwudhu, Beserta Hal yang Diwajibkan Beserta yang Disunahkan

Berwudhu- Kata wudhu berasal dari kata Al-Wadha’ah yang artinya bagus dan bersih. Seseorang yang hendak melakukan shalat diwajibkan untuk berwudhu. Hukum berwudhu adalah wajib bagi orang  yang sudah akil baligh apabila dirinya hendak melakukan Shalat atau melakukan ibadah lain yang mengharuskan seseorang untuk suci dari hadats, seperti tawaf di Masjidilharam dan lain sebagaiinya.

Sebagaimana Firman Allah:

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan taganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (QS. Al-Maidah: 6)

Dalam sebuah Hadits, Rasulullah SAW pun bersabda:
“Allah tidak berkenan menerima shalat orang yang masih menanggung hadats sebelum ia berwudhu.” (HR. Al-Bukhari, Muslim dan lainnya)

Ijma’ulama pun telah sepakat dan tidak ada perselisihan kaum Muslimin tentang kewajiban wudhu sebelum shalat ini, karena nasnya sudah sangat jelas.

Tata Cara Wudhu

  1. Ketika niat untuk berwudhu hendaklah kita berkonsentrasi untuk menghilangkan hadats kecil kemudian
    lakukanlah wudhu dengan tertib sesuai dengan urutan-urutannya.
  2. Basuh kedua telapak tangan sebanyak 3X sambil membaca Bismillah wa alhamdulillah. Jika berwudhu dalam air yang ada di bejana, hendaknya kita tidak memasukan air kedalamnya.
  3. Berkumur-kumur dengan benar sebanyak 3X, kecuali apabila sedang berpuasa. Kemudian bersiwaklah jika ada.
  4. Sedotlah air dengan hidung sebanyak 3X dengan tangan,berhati-hatilah apabila sedang berpuasa.
  5. Membasuh wajah 3X dimulai dari membasuh dari bagian atas jidat sampai bawah dagu, Bila berjenggot lebat, masukanlah jari-jari ke sela-sela jenggot agar seluruh bagian jenggot terbasahi.
  6. Basuhlah kedua lengan sampai siku secara berurutan sebanyak 3X, sambil meratakan air di setiap bagiannya. Mulailah membasuh tangan kanan terlebih dahulu. Sela-selalah jari tangan untuk meyakinkan air sudah sampai secara merata.
  7. Basahilah atau usap dengan air seluruh kepala dengan kedua telapak tangan mulai dari bagian depan sampai bagian belakang kepala.
  8. Setelah mengusap kepala, usaplah bagian telinga dengan air yang baru ataupun air yang dipakai untuk mengusap kepala. Cara mengusap sepasang telinga adalah, memasukan jari telunjuk ke bagian dalam telinga dan di saat bersamaan putarlah jempol di bagian luar telinga.
  9. Membasuh kaki 3X, Usap kedua belah kaki dengan air sampai merata ke semua bagian sampai mata kaki, jangan lupa untuk menyela-nyela jemari kaki dengan tangan untuk memastikan air sampai ke seluruh permukaan kulit.
  10. Setelah berwudhu berdo’a lah dengan membaca.اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

    ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHU – WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHUUWA RASUULUHUU, ALLAAHUMMAJ’ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIINA

    Artinya :

    Aku Bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada tuhan selain Allah semata, yang tidak memiliki sekutu sama sekali, dan aku pun bersaksi bahwa sesungguhnya Muhammad adalah hamba sekaligus rasul utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang suka bersuci.

  11. Lakukan dengan tertib atau Berurutan

Hal-Hal yang Diwajibkan Ketika Berwudhu

Sesuatu yang wajib artinya apabila kita tinggalkan walaupun cuma salah satunya. Maka itu dapat membatalkan wudu. Dan beberapa diantara hal-hal Wajib dalam berwudhu diantaranya:
…….

Hal-Hal yang Di Sunnah kan Ketika Berwudhu

Adapun, hal-hal sunnat itu terbatas pada hal-hal berikut ini:
………….

Leave a Comment