Cara Mudah Menghilangkan Rasa Terbakar karena Pedas

Makanan pedas memang menarik untuk dikonsumsi. Tidak heran kalau banyak yang tergila-gila dengan kripik-kripik dengan level pedas tertentu. Resto-resto yang punya menu andalan aneka sambal pun laris manis banyak yang mengantri.

Tapi meskipun banyak orang yang suka mengkonsumsi makanan pedas, banyak pula yang kelimpungan saat rasa pedas terbakar menyerang mulut setelah makan. Macam-macam cara dilakukan untuk menghilangkan rasa terbakar itu mulai dari minum air dingin banyak-banyak hingga ‘ngemut’ es batu. Sebenarnya ada cara ampuh untuk menghilangkan rasa pedas dimulut secara cepat. Berikut ini penjelasannya:

Minum Susu

Kandungan kasein dalam susu dapat memecah ikatan kapsain ( zat dalam cabai) dalam saraf reseptor. Hal ini yang menyebabkan segelas susu menjadi minuman yang recommended untuk menghilangkan rasa pedas membakar.

Makan Cokelat

Coklat bukan hanya dapat membuat rileks, tapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa terbakar akibat kepedasan. Hal ini disebabkan, coklat mengandung lemak (kecuali dark coklat) yang tinggi. Kandungan lemak ini mampu menghilangkan kapsain dari mulut.

Minum Air Hangat

Minum segelas air hangat dapat menghilangkan rasa pedas yang membakar. Hal ini dikarenakan minum air hangat setelah mengkonsumsi makanan pedas akan mengakibatkan pelebaran pembuluh darah mukosa. Akibatnya suplai oksigen dari pembuluh darah ke sel mukosa kembali menjadi lancar. Pelepasan mediator inflamasi atau peradangan dari sel mukosa juga berkurang, sehingga rasa pedas akan mulai hilang.

Leave a Comment